Hikmah Yang Dapat Kamu Ambil Dari Hubungan Toxic

Hikmah Yang Dapat Kamu Ambil Dari Hubungan Toxic

Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Hubungan Toxic

Beberapa yang lalu kita pernah menuliskan tentang Apa Itu Toxic Relationship dan Seperti Apa Tanda-Tandanya?. Toxic relationship adalah sebuah hubungan yang malah berdampak buruk bagi kedua pasangan tersebut jika dilanjutkan. Bukannya jadi lebih baik, kalian terjebak dan membuat diri kalian jadi orang tercela.

Toxic relationship bisa terjadi ketika pasangan melakukan kekerasan, bersikap terlalu posesif dan mengekang, serta menghalangi banyak kesempatan kita. Jika kamu sudah sadar berada dalam hubungan yang ‘beracun’ ini, lebih baik segera akhiri, ya.

Pernah menjalin toxic relationship dan sudah berhasil mengakhirinya, kamu nggak harus menyesali hal tersebut, kok. Berikut pembahasan mengenai hikmah yang dapat diambil dari hubungan toxic yang perlu anda ketahui.

1. Jangan Pernah Menyalahkan Diri Sendiri
 

Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Hubungan Toxic

Hikmah dari hubungan toxic pertama kali ini adalah berusaha untuk jangan menyalahkan diri sendiri atas apa yang telah terjadi. Pada saat anda sedang sibuk meratapi masa lalu dengan menjalin hubungan dengan seseorang yang buruk untuk kehidupanmu, tak lantas anda berfikir jika saat itu merasa salah memilih pasangan.

Kemungkinan anda merasa sudah berkorban banyak hal ketika menjalin hubungan dengan orang tersebut, namun jangan sampai membiarkan rasa emosi tersebut memaksa anda untuk merasa bersalah dengan diri sendiri.

Ayo cepatlah bangkit dan jangan pernah merasa jika hubungan anda lalu sia-sia, tidak ada hal yang sia-sia jika anda diberikan kesempatan untuk membawa perubahan yang jauh lebih baik untukmu dan dia. Bisa saja cara menghilangkan rasa bosan pada pacar berikut bisa menjadi salah satu cara ampuh dalam mempertahankannya.

2. Merasa Jadi Pribadi yang Buruk Sebelum Bersyukur

Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Hubungan Toxic

 

Setelah hubungan toxic yang anda jalani dengan mantan itu berakhir, pastinya perasaan jahat dan buruk pada diri sendiri ini sangatlah tinggi. Padahal seharusnya anda tidak perlu merasa jahat ataupun buruk dalam menjalin hubungan itu. 

Dalam berakhirnya sebuah hubungan asmara ini tidak hanya dikarenakan kesalahan dari salah satu pihak saja, yakinlah jika kalian berdua ini pasti memiliki salah satu sama lain. Maka dari itu, mulai sekarang alangkah baiknya anda jangan merasa jahat sendiri. 

Hal itu dikarenakan anda bersyukur karena hubungan yang tidak baik itu telah berakhir dan memang seperti itulah seharusnya. Atau mungkin tanda pria ingin mengakhiri hubungan berikut bisa coba terapkan pada pasangan anda, alias munculkan secara mencolok terhadapnya.

3. Bukan Salah Kamu Mencitainya

Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Hubungan Toxic

Sangat penting untuk anda ingat, jika semua yang terjadi diantara hubungan anda dengan dia ini bukanlah sebuah kesalahan yang harus anda ratapi dan sesali. Bukan salah anda karena mencintai orang yang salah sepertinya, karena hati memang tidak pernah bisa memilih.

Hal yang terbaik dari semua ini adalah, anda harus menerima takdir tersebut dan telah mendapatkan pelajaran hidup yang sangat berharga dan harus dibayar. Toh saat ini hubungan anda dengan orang yang salah tersebut sudah berakhir.

Jangan pernah membuat diri anda terus mengingat apapun yang pernah dilakukan olehnya, cukup ikhlaskan dan lepaskan semua itu dengan legawa. Cara membuat hati ikhlas dan tenang berikut bisa anda coba terapkan untuk menerima apapun kondisi yang terjadi.

4. Jangan Mudah Frustasi dan Jangan Pesimis

Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Hubungan Toxic

Jangan gampang jatuh dan frustasi dengan apa yang sudah menimpa dalam kehidupanmu saat ini. Saatnya anda untuk berfikir jernih, dan jangan terus menerus mengenang keburukanmu ataupun keburukannya.

Hadapi dan terima jika ini merupakan sebuah konsekuensi dalam menjalin sebuah hubungan asmara. Dan hikmah yang dapat diambil dari hubungan toxic ini adalah, jika memang tidak ada yang abadi di dunia ini.

Selain itu hilangkan fikiran dari otak anda jika semua lawan jenis terlihat sama saja dengan masa lalumu. Jangan sampai ini hal tersebut menjadi prinsipmu saat ini hingga akhirnya membuat anda kapok untuk menjalin hubungan lagi dengan orang baru.

Dikarenakan tidak selamanya orang baru memiliki sifat yang sama, bisa jadi mereka memiliki kepribadian yang jauh lebih baik dari mantan anda. Untuk cara cepat mencari pacar baru berikut mungkin bisa menjadi salah satu referensi untuk anda.

5. Jangan Mencintai Pacar Berlebihan

9 Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Hubungan Toxic

Mencintai pacar merupakan hal yang wajar, namun hal itu bisa jadi hal yang berbahaya jika sampai berlebihan. Kita ambil contoh seperti kisah tokoh komik DC yakni Joker dan Harley Quinn, karena terlalu besar rasa cintanya kepada Joker maka Harley pun rela menantang bahaya.

Namun apa yang didapatkan setelah itu? Bukan kebanggaan ataupun ucapan terimakasih, tapi malah siksaan yang bertubi-tubi diberikan oleh Joker. Jangan sampai cintamu ke pacar melebihi cintamu pada diri sendiri.

Ada banyak cara menghilangkan rasa cinta yang berlebihan untuk anda terapkan, dimana ini dapat berdampak baik terhadap kehidupan. Dikarenakan memang mencintai seseorang yang belum sah dalam menjalin pernikahan, rasanya berharap terlalu banyak padanya.

6. Mementingan Pasangan Boleh Asal Jangan Berlebihan

Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Hubungan Toxic

Cinta itu buta, itulah yang sering kita dengar dalam sebuah hubungan, dan berikut bukan hanya sebuah kata perumpamaan saja, ternyata kalimat tersebut benar adanya. Bahkan saat ini ada banyak sekali muda-mudi yang dibutakan oleh cinta.

Sampai-sampai mereka rela melakukan apapun bahkan dirinya sendiri demi membuat sang pujaan hati bahagia. Siapa sih yang tidak ingin melihat pasangan bahagia? Pastinya semuanya ingin akan hal itu. Namun kembali lagi, lihat kondisi kita sendiri.

Misalnya, anda sedang capek namun si doi minta diantar ke suatu tempat ya okelah itu masih kategori kecil. Namun jika anda harus mengorbankan diri sendiri demi dia sebaiknya jangan.

Ingat dia masih menjadi kekasih belum menjadi pasangan hidup seutuhnya, sehingga lebih baik apabila anda melakukan pengorbanan sewajarnya saja. Ada langkah cara memilih pendamping hidup yang sesuai dengan kriteria dan keinginan anda, agar bisa menjalani kehidupan yang seutuhnya.

7. Anda Punya Dunia Sendiri 

Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Hubungan Toxic

Memiliki pacar memang bikin hati seseorang bahagia, namun anda harus ingat jika kebahagiaan ini tidak melulu ada kaitannya dengan pacar. Anda masih memiliki keluarga maupun teman-teman yang juga bisa membuat bahagia, bahkan sebelum kedatangan pacar anda tersebut.

Lantas bagaimana jika seseorang yang anda jadikan pacar tersebut ternyata memberikan dampak buruk kepadamu? Seperti menjauhkanmu dari keluarga dan sahabat demi menghabiskan waktu dengannya.

Nah hikmah yang dapat diambil dari hubungan toxic ini adalah, anda jadi memiliki waktu untuk memanjakan diri sendiri ataupun bersama dengan keluarga dan teman. Jika sebelumnya anda selalu menghabiskan waktu bersama dengan pacar terus.

Dan setelah putus dengannya anda jadi memiliki banyak waktu bersama dengan orang terdekat, dan itu malah bisa membuat anda lebih bahagia. Dan anda juga penting untuk menerapkan cara menghilangkan sifat sombong, dikarenakan hal berikut jelas tidak akan disukai oleh orang lain.

8. Jika Dia Benar Mencintaimu, Dia Takkan Mencampakkanmu

Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Hubungan Toxic

Cara menguji besarnya cinta pasagan padamu ini bisa dilihat dari bagaimana cara memperlakukanmu. Jika benar dia mencintaimu, maka dia tidak akan mencampakkanmu begitu saja. Namun dalam sebuah toxic, sepertinya hal tersebut tidak akan anda dapatkan, yang ada hanya sakit hati dan mungkin dicampakkan.

Tentu hal yang demikian akan menjadikan anda lebih baik daripada sebelumnya dan tidak mendapatkan tekanan batin lebih mendalam. Untuk anda yang ingin merubah kepribadian menjadi lebih baik, bisa menerapkan cara merubah kepribadian berikut.

9. Hidup Tidak Akan Selesai Setelah Putus dari Pasangan Toxic

Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Hubungan Toxic

Bagaimana pun ada pertemuan pasti ada perpisahan, dan perpisahan dalam sebuah hubungan ini pasti menyisakan duka. Namun jika anda putus dari hubungan yang toxic sudah seharusnya bersyukur. Bersedih boleh, namun jangan biarkan air mata anda terbuang sia-sia.

Ingat, hidup anda tidak akan berakhir karena berarti anda masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan orang yang lebih baik dan tidak membiarkan anda menjalani hubungan negatif. Pepatah mengatakan, hilang satu akan tumbuh seribu, bukan soal pacar melainkan teman-teman yang akan baik pada anda.

Cukup sekian pembahasan mengenai hikmah yang dapat diambil dari hubungan toxic, semoga apa yang kita bahas diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. 

Daripada disesali, yuk mulai syukuri. Toxic relationship juga punya dampak positif kok bagi mantan korbannya.



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar