Fakta Unik dan Menarik tentang Ikan Cupang , Ikan Cantik Yang Suka Berantem

Fakta Unik dan Menarik tentang Ikan Cupang , Ikan Cantik Yang Suka Berantem

Fakta Ikan Cupang

Kamu pasti tahu ikan cupang, bukan? Ikan dari keluarga Osphronemidae ini pun naik status. Cara mendapatkannya pun mudah karena hampir semua toko hewan peliharaan menyediakan ikan jenis ini untuk dijual kepada pelanggan. Bahkan, beberapa orang menempatkan ikan cupang di kamar pribadinya dengan wadah terpisah dari ikan jenis lain.

Memiliki bentuk ekor yang panjang dan tubuhnya yang penuh dengan warna-warna cantik membuat keindahan yang dimiliki Ikan Cupang menjadi daya tarik bagi para peminatnya. 

Selain itu, Ikan Cupang diketahui memiliki proses perawatan yang cukup mudah, hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa ikan ini banyak sekali digemari khususnya oleh para pecinta ikan hias. (Cara Merawat Ikan Cupang)

Selain warna yang indah, ternyata ikan cupang juga punya beberapa keunikan yang membedakannya dengan jenis ikan hias lain. Berikut ini 6 fakta unik tentang ikan cupang yang mungkin belum kamu tahu.


1. Ikan Cupang Bisa Meregenerasi Sirip yang Rusak

Ikan cupang dikenal sebagai ikan yang memiliki naluri petarung. Tak jarang, sirip ikan cupang jadi compang camping sehabis berkelahi dengan lawannya. Sirip yang terluka tentu bisa mengurangi keindahan ikan cupang itu sendiri. 

Tapi untungnya, ikan cupang punya kemampuan penyembuhan yang unik. Ia bisa menyembuhkan siripnya sendiri dalam waktu 3 sampai 4 minggu, tergantung pada tingkat kerusakannya.

2. Menghirup Udara seperti Manusia

Fakta ikan cupang

Umumnya ikan hanya bernafas di dalam air, tapi tidak demikian dengan ikan cupang. Ikan cupang bisa “menarik napas” saat moncongnya berada di permukaan air.

Ikan cupang memiliki labirin di dekat insang yang bentuknya memanjang dan terdiri dari banyak lipatan tulang. Ketika ikan cupang naik ke permukaan air, udara akan masuk melalui lipatan tulang tersebut, kemudian masuk ke pembuluh darah.

3. Warnanya Lebih Gelap Saat Merasa Terancam

Fakta Unik dan Menarik tentang Ikan Cupang

Kalau ikan fugu punya ciri khas menggelembungkan badan saat terancam, ikan cupang juga punya mekanisme sendiri untuk menghadapi ancaman. Ia akan mengembangkan sirip dan mengubah warna kulitnya menjadi lebih gelap.

Tapi uniknya, perubahan fisik ini bukan dimaksudkan untuk mengusir musuh, melainkan untuk mengajak bertarung.

4. Ikan yang Cerdas

Percaya atau nggak, ikan cupang adalah hewan cerdas yang bisa dilatih. Ikan cupang juga bisa mengenali pemiliknya, misalnya lewat sentuhan tangan di kaca akuarium. Atau kalau kamu ingin dikenal cupang peliharaanmu, sering-seringlah menunjukkan wajah saat memberi makan cupangmu.

5. Berumur Panjang

Fakta tentang Ikan Cupang

Ikan cupang memang sangat cocok dijadikan peliharaan karena umurnya yang relatif panjang jika dibandingkan dengan ikan hias kecil lainnya. Dengan perawatan yang baik, ikan cupang bisa hidup antara 2 sampai 3 tahun lho.

6. Pejantan Merawat Telur

Fakta tentang Ikan Cupang

Coba amati ikan cupang saat bertelur dan kamu akan menemukan fakta unik selanjutnya. Sebelum mulai pemijahan, ikan jantan akan membuat sarang dari gelembung untuk meletakkan calon bayinya. Setelah pembuahan secara eksternal terjadi, cupang jantan kemudian akan mengumpulkan telur-telurnya di sarang yang sudah dibuatnya itu.

Bukan cuma itu aja, pejantan juga akan menjaga telur-telur tersebut tetap aman sampai menetas. Tepatnya dalam waktu 24 hingga 36 jam.

Itu dia 6 fakta unik seputar ikan yang lagi naik daun belakangan ini. Dengan keunikannya itu, nggak heran kalau banyak orang yang tertarik memelihara atau bahkan membudidayakan ikan cupang. Kalau kamu mau pelihara atau dijadikan usaha aja?



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar