Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan ke Pasangan , Biar Hubunganmu Tetap Harmonis

Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan ke Pasangan , Biar Hubunganmu Tetap Harmonis

Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan ke Pasangan

 

Dalam suatu hubungan adalah hal yang wajar untuk merasa cemburu. Terlebih jika pasangan kamu sedang dekat dengan lawan jenis.

Perasaan cemburu timbul ketika kita memiliki rasa suka/sayang/cinta terhadap seseorang. Bahkan, seseorang yang belum menjadi pasangan mu saja, ketika ia mendekati lawan jenis lain, maka timbul rasa cemburu dalam diri kamu. Apalagi, jika pasangan Anda sendiri terlihat dekat dengan lawan jenis, pasti hati terasa panas bukan?

jangan Cemburu Berlebihan ke Pasangan

Katanya, cemburu itu bumbu-bumbu cinta atau tanda cinta. Dan, cemburu itu wajar dialami oleh orang yang sedang menjalin hubungan khusus seperti pacaran, tunangan, dan menikah. 

Akan tetapi, sesuatu yang berlebihan itu tidak pernah baik, bukan? Jika rasa cemburu mu sudah setinggi Gunung Semeru, berarti kamu telah keterlaluan. Jangan sampai pasangan Anda jadi risih karena sifat cemburuan Anda yang berlebihan.

Cemburu yang berlebihan akan meningkatkan risiko pertengkaran. Cemburu yang berlebihan juga sangat mungkin membuat seseorang hilang rasa percaya ke pasangan. Bahkan para ahli menemukan jika cemburu yang berlebihan bisa membuat seseorang semakin posesif ke pasangan.

Kecemburuan sering menjadi sumber masalah dalam hubungan

Dilansir dari Verrywell Mind, kecemburuan adalah reaksi terhadap ancaman terhadap hubungan, yang dirasakan atau yang dibayangkan seseorang. Sebuah survei nasional dari konselor pernikahan menunjukkan, kecemburuan adalah masalah dari semua pasangan yang datang untuk terapi perkawinan.

Individu yang cemburu mengalami banyak perasaan termasuk:
  • Ketakutan
  • Kemarahan
  • Penghinaan
  • Rasa gagal
  • Perasaan curiga
  • Merasa terancam
  • Marah
  • Sedih
  • Khawatir
  • Iri hati
  • Ragu
  • Sakit hati
  • Mengasihani diri sendiri.

  • Tips Menghilangkan Cemburu Berlebihan

    Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan
     

    Ya, meskipun untuk mengurangi rasa cemburu berlebih pada pasangan nggak segampang yang dibayangkan. Tapi kamu bisa mencoba beberapa cara menghilangkan cemburu berlebih berikut ini biar hubunganmu tetap harmonis.

    1. Positif Thinking

    Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan ke Pasangan

    Bisa dibilang positif thinking adalah kunci agar kamu bisa mengendalikan emosi dan perasaan cemburumu itu. Ya, biasanya rasa cemburu muncul karena pikiran-pikiran negatif yang terus datang di otakmu.

    Misalnya ketika kamu meminta untuk ditemani belanja tapi doi nggak bisa, yang kamu pikirkan pasanganmu sedang asik nongkrong dengan teman-temannya. Padahal yang terjadi, dia justru sedang sibuk menyelesaikan pekerjaannya. Jadi dari pada terus berpikiran negatif, cobalah untuk melatih diri agar selalu positif thinking.

    Toh dengan berpikir positif, kamu juga akan jadi lebih tenang dan enjoy.

    2. Jangan Hanya Fokus pada Urusan Asmara Saja

    Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan ke Pasangan

    Mungkin terdengar aneh bukan? Tapi inilah salah satu cara menghilangkan cemburu berlebih yang paling efektif. Saat kamu hanya fokus pada urusan asmara saja, secara nggak langsung kamu pun akan terobsesi untuk memikirkan dia terus menerus.

    Akibatnya, pikiran-pikiran jelek dan was-was sering kali muncul dan mengganggu mood mu. Kalau sudah begini, ada sedikit saja perbedaan padanya, bisa-bisa kamu langsung curiga dan cemburu tanpa alasan.

    Jadi lebih baik untuk tetap membatasi, atau membagi pikiranmu dengan hal-hal lain. Baik pekerjaan, pendidikan, keluarga, sahabat dan hal lain yang baik untuk masa depanmu.

    3. Hindari Membandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

    Salah satu faktor utama yang sering membuat seseorang mudah cemburu adalah karena dirinya merasa insecure. Membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain jadi jalan utama kenapa kamu bisa dengan mudah merasa insecure.

    Saat kamu merasa kalah dengan orang lain, kamu cenderung akan merasa takut jika pasanganmu berpaling atau diambil orang lain. Padahal sebenarnya itu hanya ketakutanmu saja. So segera hilangkan kebiasaan buruk ini atau kamu akan terus merasa insecure dan nggak bersyukur dengan apa yang ada pada dirimu saat ini.

    4. Hindari Mengakses Sesuatu yang Sifatnya Pribadi

    Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan ke Pasangan , Biar Hubunganmu Tetap Harmonis

    Terlalu sering mengecek handphone pasangan juga bisa dibilang sesuatu yang justru buruk untuk dirimu sendiri. Bagaimana tidak, sesuatu yang kamu tahu dari benda pribadinya biasanya dapat dengan mudah kamu jadikan alasan untuk cemburu.

    Sebut saja ketika kamu tahu pasanganmu chatingan dengan rekan kerjanya. Meski hanya membahas soal pekerjaan, tapi karena dia lawan jenis kamu bisa langsung cemburu buta.

    Jika kebiasaan buruk ini nggak kamu kurangi dari sekarang, jangan kaget jika suatu saat pasanganmu menjadi kurang nyaman dengan hubungan kalian. Lagi pula mana ada pasangan yang mau terus menerus dicurigai?

    5. Masuk ke Lingkup Pergaulannya

    Mungkin rasa cemburu yang kamu alami saat ini muncul karena kamu belum begitu mengenal lingkup pergaulannya. Akibatnya, kamu mudah berpikir yang enggak-enggak dan berujung pada cemburu.

    Kalau memang itu yang terjadi, cobalah untuk masuk ke lingkup pergaulannya secara perlahan. Lama kelamaan, kamu juga akan mulai percaya dengannya. Kamu bisa memulai dengan mengenal teman-teman akrabnya, rekan kerja dan keluarga.

    6. Move On dari Masa Lalu Menyakitkan

    Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan ke Pasangan

    Pengalaman masa lalu yang pahit memang kerap kali membawa seseorang pada trauma berlebih. Tapi buruknya, trauma ini kamu tunjukkan pada pasanganmu yang baru. Sehingga secara nggak langsung kamu menganggap pasanganmu sekarang sama seperti seseorang di masa lalumu itu.

    Apa lagi buat kamu yang pernah tersakiti dengan adanya orang ketiga. Rasa takut pengalaman itu terulang lagi mungkin masih ada. Tapi kamu harus yakin, kalau pasanganmu saat ini nggak seperti seseorang yang pernah menyakitimu di masa lalu.

    Perasaan trauma seperti ini tentu akan lebih baik kamu selesaikan terlebih dahulu sebelum menjalin hubungan baru.

    7. Percaya Aja, Dia Menyayangimu

    saling percaya Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan ke Pasangan

    Cemburu juga sering muncul karena rasa kurang percaya diri. Kamu kurang pede jika pasanganmu benar-benar menyayangimu atau tidak. Sebab, ketika kamu masih kurang percaya dengan perasaannya, kamu pun bisa dengan mudahnya berpikir jika dia akan berpaling.

    Tapi saat kamu sudah yakin dengan perasaannya, maka kamu pun bisa lebih tenang dan percaya bahwa dia nggak akan menyakitimu. Seseorang yang benar-benar menyayangimu pasti akan setia.

    8. Kurang Rasa Memiliki Berlebihan

    Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan ke Pasangan

    Jauh sebelum kamu jadi teman hidupnya, pasangamu sudah memiliki kehidupan sendiri. Dia punya keluarga, teman, rekan kerja dan orang-orang yang memiliki peran tersendiri dalam hidupnya.

    Nah saat kamu hadir, bukan berarti semua orang yang pernah ada dihidupnya harus dia singkirkan hanya demi kamu. Begitu juga kamu, nggak perlu terlalu banyak menuntut karena rasa memiliki yang berlebihan. Sehingga apa-apa harus kamu yang jadi prioritasnya.

    Yuk coba lebih pengertian dengan pasangan. Pahami kehidupannya dan kamu pun harus tahu porsi masing-masing orang yang berhubungan dengannya. Toh kamu adalah satu-satunya orang yang dia cintai sebagai pasangan.

    8 cara menghilangkan cemburu berlebih pada pasangan di atas bisa kamu praktekkan dalam hubunganmu. Nggak mau kan hubunganmu rusak hanya karena rasa cemburu berlebih dan bahkan tanpa alasan yang pasti?

    Ingat, jangan buat pasanganmu pergi perlahan dengan sikap cemburu berlebihanmu itu.



    Anda mungkin menyukai postingan ini

    Posting Komentar