8 Manfaat Teh Tawar Tanpa Gula, Ternyata Lebih Menyehatkan Dibandingkan Teh Manis

8 Manfaat Teh Tawar Tanpa Gula, Ternyata Lebih Menyehatkan Dibandingkan Teh Manis

Manfaat Teh Tawar Tanpa Gula Yang Harus Kamu Ketahui

 

Banyak dari orang Indonesia yang mengawali hari dengan mengonsumsi secangkir teh setiap pagi. Biasanya, teh yang disajikan tersebut memiliki rasa manis. Atau tergantung kesukaan orang yang meminumnya.

Padahal ternyata, teh tawar memiliki manfaat lebih besar dan khasiat luar biasa dibandingkan teh yang sudah dicampur dengan gula.

Teh tawar atau teh tanpa gula memiliki antioksidan yang tinggi. Hal tersebut dapat mencegah penyakit kronis dan membantu memperbaiki sel-sel.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis punya dampak kurang baik bagi kesehatan. Dimulai dari resiko penyakit diabetes yang lebih tinggi, dan tentu perlu diperhatikan karena dikenal sebagai penyakit mematikan.

Bahkan, para ahli kesehatan sangat mewanti-wanti masyarakat agar menghindari pola hidup yang berpotensi memicu diabetes.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi es teh tanpa gula sekaligus mengurangi asupan minuman manis lainnya. Kurangi pula penggunaan gula pada masakan, sehingga asupan gula terkontrol dan kadar gula darah tetap terkendali.

Rupanya membiasakan diri meminum es teh maupun teh hangat tanpa gula tak hanya mencegah diabetes. Akan tetapi juga menawarkan manfaat lain yang cukup beragam bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut informasi :

8 Manfaat Teh Tawar Tanpa Gula Yang Harus Kamu Ketahui

1. Ketimbang minum teh manis, kebiasaan mengonsumsi teh tawar tanpa gula bisa mengontrol kadar gula darah

Teh tawar yang rasanya masih pahit dan belum tereduksi oleh manisnya gula, memiliki kandungan polifenol alias senyawa antioksidan yang lebih kuat, terutama pada teh hijau, teh hitam, dan teh oolong. Polifenol ini mampu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga kadar gula darah lebih mudah terkontrol. Kalau kadar gula darah dapat terjaga dengan baik, otomatis kamu bakal terhindar dari risiko penyakir diabetes.

2. Selain kadar gula darah yang lebih terkontrol, sirkulasi darahmu juga bakal lebih lancar

Polifenol dalam teh juga berperan untuk mencegah pertumbuhan plak di dalam pembuluh darah. Dengan begitu, pembuluh darah nggak akan mengalami penyempitan yang dapat menimbulkan beberapa gangguan serius seperti penyakit jantung. Inilah kenapa teh (yang nggak kebanyakan gula) sangat bagus untuk merawat jantung.

3. Terutama teh hitam, ampuh melawan kolesterol jahat yang nggak main-main efek buruknya buat tubuh

Salah satu cara untuk mengurangi kadar kolesterol jahat adalah dengan mengonsumsi teh secara rutin, terutama teh hitam yang tawar dan hangat. Disebutkan bahwa minum teh tawar hitam, efektif menurunkan kadar kolesterol hingga 11 persen, dilansir Alodokter.

4. Manfaat teh tawar lainnya adalah bikin tubuh lebih rileks, mengurangi stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan konsentrasi

Kandungan L-theanin yang ada di dalam secangkir teh tawar mampu merelaksasi tubuh. Nggak heran, teh direkomendasikan bagi kamu yang mood-nya sedang nggak karuan atau tengah dilanda stres. Nggak hanya itu, kandungan L-theanin yang pekat dalam teh tawar juga efektif membantu meningkatkan fungsi otak sehingga kamu dapat berkonsentrasi dengan lebih baik.

5. Percaya nggak kalau minum teh yang nggak banyak gula bikin kamu jadi awet muda?

Menurut hasil penelitian, zat antioksidan di dalam teh cukup efektif untuk menangkal proses oksidasi di dalam tubuh. Artinya, meminum teh yang tak banyak gula secara rutin dapat menghambat munculnya gejala penuaan dini, seperti kerutan atau flek hitam. Juga mengembalikan kecerahan kulit yang kusam akibat paparan sinar matahari.

Teh bahkan diklaim dapat menghilangkan jerawat, mengurangi dermatitis atopik, kandidiasis, keloid, hingga kutil kelamin, melansir Sehatq.

6. Teh tawar tanpa gula juga mendukung program penurunan berat badan bagimu yang menjalani diet

Jika kamu lagi menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi teh tanpa gula atau teh tawar sangat dianjurkan, terutama teh hijau. Teh hijau diklaim efektif untuk membantu pembakaran lemak. Hal ini dikaitkan dengan kandungan katekin yang terdapat di dalamnya. Sebuah studi menyebutkan bahwa kandungan teh hijau mampu mencegah penumpukan lemak di tubuh manusia, dilansir klikdokter.

Teh hijau adalah teh yang cocok untuk dijadikan minuman teh tawar panas guna menurunkan berat badan. Jika kamu minum teh ini secara rutin selama 12 minggu, maka dapat menurunkan berat 1 - 2 kg. Namun ingat, supaya berat badan lebih cepat turun harus juga diimbangi dengan olahraga secara rutin setiap harinya.

7. Jenis teh herbal tertentu mampu mengurangi rasa mual akibat mag atau asam lambung

Teh manis untuk asam lambung nggak dianjurkan jika jenis tehnya mengandung kafein. Untuk meredakan gejala mual akibat asam lambung, kamu bisa coba minum teh herbal bebas kafein, seperti teh kamomil dan licorice yang dapat meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga melindungimu dari iritasi akibat naiknya asam lambung ke tenggorokan. Hindari meminum jenis teh berkafein seperti teh hitam, teh hijau, atau teh pepermin karena justru dapat memicu refluks asam lambung bagi yang sistem pencernaannya sensitif.

8. Teh sudah dikenal sebagai salah satu minuman yang mampu mencegah munculnya penyakit kanker

Kandungan polifenol dan antioksidan yang terdapat di dalam teh diketahui mampu melindungi sel-sel dari kerusakan. Kedua zat tersebut memiliki tugas untuk menghalau serangan radikal bebas yang menjadi pemicu kerusakan sel-sel tubuh dan akhirnya memunculkan sel abnormal yang berkembang menjadi sel kanker. Manfaat ini bisa kamu peroleh terutama dari teh hijau dan teh hitam.

Meski memiliki beragam manfaat, baiknya tetap perhatikan jumlah teh yang kamu minum. Batas konsumsi teh yang dianjurkan adalah 2-3 cangkir sehari. Jadi jangan minum teh melebihi jumlah tersebut, terutama jika kamu punya mag atau tengah hamil. Teh tawar maupun teh manis untuk ibu hamil dapat menghambat penyerapan zat besi dan asam folat dari makanan yang dikonsumsi. Jadi, lebih bijak, ya!



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar