Embung Kledung Spot Terbaik Untuk Melihat Kemegahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing

Embung Kledung Spot Terbaik Untuk Melihat Kemegahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing

Embung Kledung

Di masa pandemi seperti sekarang ini, ingin sekali rasanya melepas penat untuk berlibur ke luar negeri. Tapi tak usah jauh – jauh ke negeri orang, ternyata ada loh objek wisata di Jawa Tengah yang punya pemandangan mirip di Jepang!

Embung Kledung, merupakan objek wisata di Jawa Tengah yang memiliki spot terbaik untuk melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di areal perbukitannya. Banyak orang yang membandingkan pemandangan embung berlatar gunung Sindoro ini dengan pemandangan Danau Kawaguchi berlatarkan Gunung Fuji yang ada di Jepang.

Embung Kledung Spot Terbaik Untuk Melihat Kemegahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing
@smkhitscilacap


Embung adalah kata yang digunakan orang Jawa untuk menyebut waduk atau bendungan penampung air. 

Objek wisata yang terletak di Jalan Raya Parakan – Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung ini merupakan sebuah bendungan air yang dibangun di bekas lahan tembakau dengan luas 83 m x 83 m. Bendungan ini juga diisi dengan banyak ikan. Selain sebagai tempat penampungan air dan budi daya ikan, Embung Kledung juga dibuat sebagai objek wisata.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini embung kledung dimanfaat menjadi tempat wisata terbaru di temanggung.

Ditempat ini anda akan menikmati embung dengan latar Gunung Sindoro dan Sumbing yang indah. Ditambah lagi dengan adanya perkebunan milik penduduk di sekitar area wisata tersebut akan membuat anda betah berlama-lama di sini.

Selain pemandangannya yang indah, di Embung Kledung ini juga hidup ratusan ikan hias.

panorama Embung Kledung
@lattifaa

Daya Tarik Embung Kledung

Salah satu pesona tempat wisata alam adalah sunrisenya. Pesona matahari terbit dari peraduannya itu menjadi hal yang sangat dinanti penikmat pagi. Di Embung Kledung, keindahan tersebut makin terasa mempesona dengan susunan alam yang eksotis.

Embung Kledung Spot Terbaik Untuk Melihat Kemegahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing
@azizahannah_

Embung Kledung juga menyediakan spot foto berlatar belakang embung dan gunung. Spot foto yang instagramable juga ada lhoo. Antara lain Kursi Gantung, Ayunan, Jembatan Warna, Rumah pohon, Hammock, Tempat Duduk dengan Tanaman Rambat. Tidak hanya itu, sebagai tempat wisata alam, pengelola wisata juga menyediakan kegiatan alam yakni camping ground atau berkemah. Tersedia juga tenda kemah jika kalian tidak mempunyai.

Embung Kledung
@gumaydinda

Pengelola juga tak lupa untuk menyediakan berbagai fasilitas umum yang siap menyambut para pengunjung. Fasilitas umum yang tersedia di Embung Kledung antara lain area parkir, mushola, toilet, warung makan. Pengelola tidak menyediakan penginapan, tetapi diperbolehkan untuk camping di sini. Selain fasilitas yang lengkap Embung Kledung juga termasuk wisata murah temanggung karena tiket masuknya tergolong murah.

@stelladhina.s

Untuk pengunjung yang ingin merasakan pengalaman camping yang seru dan agak unik bisa membangun tenda dan berkemah di beberapa spot yang menarik. Tidak perlu ragu untuk membangun tenda, karena sebagian besar pengunjung di tempat ini adalah backpacker yang suka menikmati alam sambil membangun tenda.

Sebaiknya minta izin dulu pada pengelola sebelum memutuskan untuk camping di sini. Setelah itu, pengunjung bisa menyewa tenda di loket penjagaan. Pembayaran sewa tenda bisa dilakukan besok setelah acaranya campingnya selesai.



Lokasi Embung Kledung

Embung Kledung Spot Terbaik Untuk Melihat Kemegahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing

Embung kledung berlokasi di Jalan Raya Parakan – Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Objek wisata ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Temanggung. Untuk sampai ke objek daya tarik wisata itu bisa melewati Jl Ajibarang Secang.

Harga tiket masuk Embung Kledung sangat terjangkau. Hanya Rp3.000/orang dan biaya parkirnya Rp2.000. Bagi yang kurang puas hanya dengan menikmati keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, wisatawan bahkan bisa berkemah di sini.

 

Rute Menuju Embung Kledung

Embung Kledung
@izrohman

Jika berangkat dari magelang, bis amnegambil jalan jalur magelang wonosobo via secang. Ikuti jalur tersebut hingga sampai ke perbatasan kledung perbatasan wonosobo – temanggung. Di perbatasan tersebut terdapat pom bensin, setelah pom bensin terdapat kuburan. Sebelum kuburan terdapat jalan setapak, di kanan jalan.

Jalan setapak tersebut merupakan jalan menuju embung kledung. Kondisi jalanya masih bebatuan, sehingga harus sedikit berhati-hati ketika melewatinya. jarak dari gang masuk hingga lokasi embung kledung sekitar 500 meter.

Untuk rute embung kledung dari wonosobo pun tidak berbeda. Pertama anda ambil jalur wonosobo temanggung via kretek. Sesampainya di perbatasan temanggung wonsobo setelah gapura terdapat kaburuan di kiri jalan. Masuk ke jalan setapak setelah kuburan dan ikuti hingga sampai ke embung kledung.

Gimana tertarik ke Embung Kledung ??



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar