Taman Sungai Mudal yang Mempesona , Ekowisata Wajib Kamu Kunjungi

Taman Sungai Mudal yang Mempesona , Ekowisata Wajib Kamu Kunjungi

Wisasata Taman Sungai Mudal di Kulon Progo Jogja



Berbicara mengenai obyek wisata di Kabupaten Kulon progo, Daerah Istimewa Yogyakarta seakan tidak ada habisnya karena wilayah tersebut memang memiliki segudang potensi wisata alam yang luar biasa. Salah satunya Taman Sungai Mudal.

Berawal dari inisiatif warga setempat atau secara swadaya membangun objek wisata alam hits di Jogja. Di sini pengunjung bakal disajikan kolam pemandian yang memiliki warna air biru tosca jernih.

@nafianiqonita

Dikenal juga karena air terjun berundak, menghasilkan kolam alami yang berjumlah 3 buah dapat digunakan untuk berenang. Tenang saja, air akan terus alami terjaga kesegarannya karena aliran mata air yang mengalir tak hentinya. Bagian kolam paling atas, lebih terasa rindang karena disekitar kolam terdapat pohon-pohon, menambah suasana nan eksotis. Tiap kolam juga mempunyai kedalaman berbeda, jadi sebelum berenang harap membaca petunjuk yang tertera.

Taman sungai Mudal Jogja ini masih dikelola swadaya masyarakat, meskipun demikian kondisi wisata terus berkembang seperti fasilitas dan wahana outbound, sebagai penunjang aktivitas rekreasi. Di sini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti bermain air, bersantai berswafoto dan keseruan bermain wahana outbound menyenangkan.

@nafianiqonita

Daya tarik utama wisata Taman Sungai Mudal adalah sebuah kolam air alami berukuran cukup besar dengan kedalaman sekitar dua meter. Sumber air kolam tersebut berasal dari air terjun bertingkat yang berada di salah satu sudut kolam. Jangan ditanya, air di sini begitu segar dan dingin! Sedingin sikapmu padaku Dek.. :'(


Air terjunnya sendiri sebetulnya gak memiliki debit air yang deras. Namun, setelah air tersebut jatuh ke kolam, warna yang disajikan berupa warna pirus atau biru kehijauan. Sedangkan jumlah tingkatan pada air terjun ini kabarnya berjumlah sepuluh tingkat. Kamu bisa menyambanginya satu per satu melalui anak tangga yang tersedia.

@wulanproboo⁣

Pengunjung diperbolehkan masuk ke kolam air ini. Tapi, harap diperhatikan bagi kamu yang gak punya kemampuan berenang yang baik, wajib menggunakan safety jacket yang disediakan pengelola wisata.

@chintya_choe

Pengelola Taman Sungai Mudal ini memiliki sebuah program yaitu “Trees of Hope”. Siapapun dapat menyumbangkan benih tanaman atau bunga untuk mempercantik taman sungai melalui program ini. Sebuah program titip tanam yang dilakukan di Taman Sungai Mudal sebagai usaha pelestarian lingkungan. Sehingga pengunjung kita juga ikut serta menjaga layaknya simbiosis mutualisme.

Tak heran Taman Sungai Mudal ini banyak sekali tanam yang mengelilingi taman ini.

Dengan program ini, diharapkan pengunjung juga dapat menjaga kelestarian lingkungan. Terutama lingkungan sekitar tempat wisata. Sehingga tidak hanya menikmati kecantikannya, pengunjung juga turut serta dalam upaya pelestarian objek wisata.



Berbagai permainan dan fasilitas di Taman Sungai Mudal

@tifanimaulidza

Karena di desain sebagai taman wisata, maka kamu gak hanya bisa bermain air di kolam, namun juga bisa menikmati fasilitas penunjang lain yang ada di Taman Sungai Mudal, seperti permainan sepeda terbang , flying fox , River Tubing.

Cukup membayar tiket sekitar Rp20.000, kamu bisa puas menjajal kedua permainan tadi, sekaligus foto-foto untuk diunggah ke akun Instagram.

Bagi kamu hendak bermalam di lokasi wisata, maka silahkan membawa sendiri ya perlengkapan camping. Sebab pihak pengelola telah mengizinkan wisatawan diperkenankan camping di lokasi wisata, tapi sebelumnya izin ya dan jaga kelestarian alam.

@indarwati22

Pecinta kuliner pun akan dimanjakan oleh hidangan disana karena disediakan warung-warung nuansa vintage pedesaan. Dapat dinikmati setelah bermain air diatas, dengan memesan berbagai menu yang memberikan rasa hangat dalam tubuh. Jangan khawatir tentang harga, karena pengelola telah menghimbau bagi warga yang menjajakan dagangan disana agar memberikan harga yang relatif murah.

@nafianiqonita⁣

Selain itu, berbagai fasilitas lain yang bisa kamu temukan di Taman Sungai Mudal adalah area untuk camping, bermain outbond, dan reservasi untuk pre-wedding. Bahkan ada area khusus yang menyediakan free Wi-Fi, lho. Wah, kurang lengkap apa coba?
@triasihsantoso


Lokasi Taman Sungai Mudal Kulon Progo

@chintya_choe

Menurut geografis lokasi wisata berada di Dusun Banyuganti, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674.

Jika kamu pernah wisata ke Kalibiru, maka ekowisata Taman Sungai Mudal ini terletak gak jauh dari destinasi tersebut. Dari Kalibiru, jaraknya sekitar 19 kilometer ke arah utara, atau sekitar 40 menit perjalanan. Sebab itulah, Taman Sungai Mudal masih berada di dalam kawasan pegunungan Menoreh.

Jadi, kamu jangan kaget kalau akses jalan menuju lokasi memang sedikit menantang, yaitu berkelak-kelok dan naik turun. Namun, gak perlu khawatir karena panorama selama perjalanan sungguh bikin mata segar. Perbukitan hijau yang masih asri bakal bikin perjalananmu gak membosankan.

Jika kamu dari Tugu Jogja, menempuh jalur menuju Godean. Ikuti penujuk arah yang ada untuk menuju ke area Sungai Progo. Kemudian menuju ke arah Goa Kiskendo. Saat berada di pertigaan Goa Kiskendo masih diteruskan hingga bertemu pertigaan hutan pinus. Dari sini sudah terdapat petunjuk untuk menuju Taman sungai Mudal.


Tiket Masuk

@istiqomahelfaiz

Sejak mulai nge-hits, tiket masuk ekowisata ini rupanya mengalami kenaikan. Dari semula hanya Rp6.000 perak, kini menjadi Rp10.000 per orang. Wah, masih cukup terjangkau!

Di masa pandemi seperti sekarang, protokol kesehatan yang diterapkan pengelola wisata terbilang cukup baik, yaitu adanya pengukuran suhu badan pengunjung dan kewajiban mencuci tangan sebelum memasuki area wisata.

Hanya saja social distancing yang diterapkan di lokasi masih kurang maksimal. Belum ada pembatasan jumlah maksimal pengunjung yang diizinkan masuk dan beberapa pengujung juga tampak melepas masker. Hmm, semoga segera ada perbaikan mengenai protokol kesehatan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru ini, ya.

@idolakurnia_

Itulah beberapa informasi mengenai Taman Sungai Mudal yang bisa dijadikan sebagai referensi liburanmu. Selamat berlibur!


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar