Pesona Tersembunyi Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo , Jogja.

Pesona Tersembunyi Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo , Jogja.

Air Terjun Kembang Soka


Wilayah Kulon Progo merupakan kabupaten yang berada di bagian barat Yogyakarta, terkenal akan daerah yang memiliki keindahan alam yang sangat ciamik mulai dari bukit, pantai, hingga air terjun ada di kabupaten ini. Kali ini admin akan mengulas salah satu air terjun yang berada di Kulon Progo yaitu Air Terjun Kembang Soka yang berlokasi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Kembang Soka merupakan air terjun yang sangat cantik atau bisa dikatakan surga tersembunyi yang berada di lembah sungai Perbukitan Menoreh.Suasana di air terjun ini masih sangat asri karena masih jauh dari bisingnya perkotaan sehingga cocok untuk melepas penat akan kesibukan pekerjaan.

Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo adalah salah satu air terjun yang unik. Dinamakan kembang soka, karena berasal dari mata air yang diatas tanahnya tumbuh bunga Kembang Soka. Bunga Kembang Soka biasanya tumbuh di perbukitan dan udara yang sejuk.


@lusiana_fitrianingtyas


Terdapat 3 air terjun sekaligus ditempat wisata ini lhoo Gaaees. Air terjun pertama hanya diperuntukkan untuk berfoto ria aja, karena bebatuan di bawahnya gak memungkinkan untuk di pijak. Sedangkan 2 air terjun lainnya yang airnya cukup deras namun dapat digunakan sepuas-puasnya untuk mandi dan bermain air rame-rame Gaaees.

@laksmiiiii_


Karakteristik Air Terjun Kembang Soka adalah aliran airnya yang cukup jernih yang mengalir di bebatuan berwarna kuning, kealamian dari objek wisata Jogja satu ini bisa dibilang sangat terjaga, hal ini terbukti dengan masih banyaknya pepohonan disekitar kawasan air terjun yang membuat suasana kian asri.

Air terjun Kembang Soka memang berada di sekitar perbukitan Menoreh. Suasana alam disekitarnya asri dengan banyaknya pepohonan hijau, juga menjadi sejuk karena berada di ketinggian dan tidak terpapar langsung sinar matahari.

Selain berenang kamu juga bisa berfoto di beberapa spot dengan background air terjun yang sangat cantik nan alami sehingga hasil fotonya akan terlihat bagus dan cocok di post di media sosial anda hihiih menarik kan?

 

@kzjhs_


Sebutan air terjun kembang soka lainnya adalah air terjun dua warna. Disebut demikian, karena selain berwarna jernih, air terjun ini terkadang berwarna hijau tosca. Warna hijau ini dipengaruhi oleh tumbuhan di dasar sungai yang berada di bawah air terjun.

Diantaranya air terjun lainnya yang terdapat di sekitar lokasi perbukitan Menoreh, air terjun ini berada di lokasi yang paling tinggi sehingga mendapat aliran air yang deras. Aliran air terjun Kembang Soka berasal dari tiga mata air yaitu, mata air Kembang Soka, mata air Tuk Jaran dan mata air Kalimiri. Tuk Jaran bermakna sumber rezeki.

@yuliaaanf



Fasilitas :

Fasilitas di wisata Air Terjun Kembang Soka ini bisa di bilang sudah memadai karena di kelola sangat rapi oleh masayarakat sekitar diantaranya sebagi berikut :

  • Warung Makan
  • Gazebo
  • Homestay
  • Tempat Parkir
  • Kamar Ganti/Toilet
  • Dan masih banyak lainnya.

Lokasi dan Rute Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo berada di Jalan Sermo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kondisi perjalanan untuk menuju ke lokasi lumayan menantang, karena terdapat jalan tanjakan dan turunan yang harus dilewati. Begitu juga untuk sampai persis ke lokasi air terjun, masih harus berjalan kaki karena tidak bisa diakses kendaraan bermotor.


Untuk memudahkan menuju ke lokasi, yang menjadi patokan adalah Desa Jatimulyo. Rute yang ditempuh adalah melalui Kota Jogja ke arah barat melewati Jalan Godean. Setelah melewati Jalan Godean, masuk ke Jalan Nanggulan dan mengarah ke Kecamatan Girimulyo.

Di Kecamatan Girimulyo, tepatnya Desa Jatimulyo, Anda akan mendapati banyak tanda jalan untuk menuju ke lokasi air terjun Kembang Soka Kulon Progo. Waktu tempuh perjalanan kurang lebih selama satu jam.


Harga Tiket Masuk

Setiap tahunnya dengan perbaikan dan sedikit pembangunan, harga tiket untuk masuk lokasi air terjun Kembang Soka menjadi bervariasi. Untuk harga ter-update menurut versi redaksi antareja tour adalah Rp. 6.000. selain harga tiket, Anda juga perlu mengeluarkan biaya parkir atau penitipan kendaraan bermotor sebesar Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000.

kembang soka
@alfurqan192


Tips Berlibur ke Air Terjun Kembang Soka Jogja :

  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Kembang Soka adalah di hari biasa (senin-jumat) pada saat pagi hari.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor dan jangan lupa bawa baju ganti untuk berjaga jaga.
  • Datanglah di musim kemarau, karena saat musim hujan jalan menuju lokasi biasanya cukup becek.


  • Jadi, jika kamu mencari sebuah tempat wisata di Kulon Progo yang masih “terasa” sangat alami, Air Terjun Kembang Soka bisa menjadi salah satu pilihanmu. Setiap harinya tak sedikit wisatawan yang datang kesini untuk berlibur bersama teman ataupun keluarga, wisatawan yang datangpun didominasi oleh kalangan anak muda.


    Anda mungkin menyukai postingan ini

    Posting Komentar