Guru Terbaik Dalam Roda Kehidupan Manusia

Guru Terbaik Dalam Roda Kehidupan Manusia

Guru terbaik dalam kehidupan

 

Guru selalu identik dengan sekolah atau institusi pendidikan lainnya. Ini karena selama di sekolah, kita menemukan guru yang mengajari kita dari mulai pertama kali belajar membaca, dan berhitung hingga membimbing kita mendapatkan gelar setinggi-tingginya.

Tapi yang namanya belajar tidak akan berhenti setelah kamu lulus sekolah. Begitu pun dengan guru, karena selain di sekolah kamu akan menemukan guru terbaik ini dalam kehidupanmu. Siapa saja mereka?

Hati yang patah 


 

Dengan kekecewaan yang sedang kamu alami berarti Tuhan sedang menunjukkan kepadamu ada yang lebih baik, yang lebih tulus dan yang lebih layak untuk anda. Jika dia mengecewakan dan mengkhianatimu itu artinya dia bukan yang terbaik dan tidak perlu lama lama untuk bersedih, angkatlah kepalamu dan melangkahlah dengan langkahmu, kamu pasti mendapatkan yang terbaik dari Tuhan untukmu.

Kita memang sering terlena dengan konotasi patah hati yang selalu negatif. “Patah hati hanya untuk orang yang gagal“, “patah hati hanya untuk orang yang hidupnya susah move on“, “patah hati hanya untuk orang-orang yang lemah.” Begitu mungkin makna patah hati di masyarakat saat ini. Patah hati hanya dianggap kegagalan yang menjijikkan. Kita tidak sadar bahwa patah hati telah membentuk orang-orang hebat di dunia ini. Patah hati telah membentuk seorang Albert Einstein dengan teori relativitas-nya. Patah hati telah membentuk seorang Jack Ma dengan Alibaba-nya.

Semua manusia hebat yang terlahir di bumi ini berasal dari sebuah sejarah bernama patah hati. Mereka pernah gagal, sedih, dan merasakan sakitnya penghinaan. Namun dengan patah hati, mereka belajar bahwa mereka bukanlah siapa-siapa. Mereka harus lebih gigih dalam berjuang dan tahan banting dalam kegagalan.

Patah hati adalah sebuah sejarah dalam hidup yang harus dirayakan. Memang awalnya perih dan sakit. Ditolak cinta, dicaci karena gagal melakukan sesuatu hingga dianggap tidak berbakat. Patah hati bisa lahir dari berbagai kegagalan dalam hidup.



Namun dari patah hati itulah kita belajar, bahwa kita bukan siapa-siapa di dunia ini. Kita masih harus terus belajar dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Kita juga harus bangkit dari sebuah patah dan berdiri untuk sebuah kisah yang megah. Bahwa dulu kita pernah patah hati dan sekarang kita menjadi seseorang yang merdeka di bawah kaki kita sendiri.



 Dompet yang kosong 


 

Dompet kosong bukan berarti anda miskin. Selama pola pikir, mental dan semangatmu kaya, dompet kosong hanyalah urusan waktu. Dompet kosong bukan ukuran miskin atau kaya, itu sementara. Mental dan pola pikir miskin bisa terlihat dari caranya bersikap dan berkata. 

Selama dompetmu kosong, apakah mentalmu miskin? 

Kadangkala persoalannya bukan sedikit atau banyak uang yang kita miliki namun kurangnya bersyukur, lebih mengutamakan nafsu untuk memuaskan mata dan status sosial agar terlihat memiliki. 

Tidak heran banyak kita temukan orang kaya yang juga hutangnya luar biasa. Kadang bukan soal kurang atau cukup namun banyak kita habiskan uang yang adalah kepercayaan yang diberikan Tuhan dengan gaya hidup yang tidak sesuai dengan kemampuan.

 

Sebuah Kegagalan 

Siapa sih yang dalam hidupnya tidak pernah gagal? Kalau kita lihat orang-orang hebat hari ini,mereka adalah orang yang banyak mengalami kegagalan sebelumnya. 

Tidak ada bayi yang lahir langsung bisa bicara 

Tidak ada bayi yang lahir langsung bisa berlari 

Tidak ada bayi yang lahir langsung bisa bernyanyi dan melakukan langsung semua pekerjaan orang dewasa pada umumnya.

Semua dimulai dari diasuh, disuapin lalu pelan-pelan setahap demi setahap mulai bisa sendiri dan akhirnya menjadi bisa dan terbiasa. Tanpa terkecuali siapapun dan sehebat apapun kita Saat ini pasti melalui proses itu. Selama dalam proses pasti banyak gagal,banyak salah, banyak ngulang sampai akhirnya bisa dan terbiasa. 

Jadi,kalau gagal itu biasa dan pastinya saat gagal kita mendapatkan sesuatu /makna /pelajaran agar bisa lebih baik. Perspektif dan cara melihatmu tentang kegagalan lebih penting daripada menyalahkan keadaan dan orang lain atas kegagalan yang sedang dilewati. 

@devipermata17_

So, kalau sudah lewati 3 point kunci guru kehidupan ini pasti rejeki, berkat, miracle dan tingkatan kehidupanmu akan jauh lebih baik. 

Tidak apa-apa saat ini sedang dikecewakan. 

Jangan minder dan rendah diri karena dompetmu kosong. 

Tidak usah menyalahkan orang lain atas mungkin pelajaran kehidupan yang sedang diajarkan Tuhan untukmu melalui kegagalan. 

Selama kamu berdoa, bersyukur, mau tetap berusaha, berjuang, jangan rugikan orang lain, jangan lukain orang lain apalagi yang banyak menolongmu, jangan menjadi orang yang self pitty maka kamu akan kagum melihat berkat Tuhan atas dirimu dan keluargamu.

sumber: Johan Junaedi



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar