Gejala Ambeien dan Cara Mengobatinya

Gejala Ambeien dan Cara Mengobatinya

Gejala Ambeien dan Cara Mengobatinya


Ambeien atau wasir (Hemoroid) adalah penyakit yang terjadi ketika pembuluh darah di bagian bawah dubur mengalami gangguan sirkulasi sehingga terjadi pembengkakan.

Meregangnya dinding pembuluh darah akibat gangguan sirkulasi, memicu terjadinya benjolan yang disertai iritasi dan gejala ambeien yang membuat penderitanya tidak nyaman terutama ketika duduk. 

Ambeien juga bisa disertai dengan perdarahan tanpa rasa sakit, gatal dan iritasi pada bagian dubur. Ambeien dapat terjadi baik di dalam dubur maupun di luar.

Shutterstocki


Gejala Penyakit Wasir atau Ambeien

Dikutip dari WebMD, gejala wasir nggak selalu muncul. Akibatnya, seseorang bisa aja nggak tau kalau dia sedang menderita penyakit ini.

Yang paling umum, seseorang bakalan mengalami gejala wasir sebagai berikut:

Rasa Nggak Nyaman di sekitar Anus

Ketidaknyamanan tersebut bisa berupa gatal, atau sakit yang muncul di sekitar anus. Ini berlaku untuk semua jenis wasir, yaitu wasir dalam maupun wasir luar.

Berdarah saat Buang Air Besar

Gejala wasir ini biasanya muncul setelah penderita buang air besar. Bisa terlihat dari jejak atau garis-garis darah saat sedang membersihkan diri, meski juga mungkin terlihat di toilet, atau di tinja itu sendiri.

Dilansir dari Healthline, darah akibat wasir biasanya berwarna merah cerah. Kalau warnanya berupa merah gelap, maka itu tandanya seseorang harus segera pergi ke dokter nih, karena ini mengindikasikan adanya masalah pada saluran pencernaan.

Pembengkakan di sekitar Anus

Penampakan gejala wasir ini bisa berupa tonjolan merah muda di sekita tapi anus, atau menojol keluar dari anus. Warnanya bisa berupa ungu atau biru juga.

Cara Tradisonal Mengobati Ambeien

Biasanya gejala wasir bisa mereda dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa hari. Tapi kalau nggak kunjung sembuh juga, maka harus dilakukan tindakan untuk menghilangkan si ambeien tersebut. Prosedur medis nggak selalu jadi pilihan banyak orang untuk mengobati gejala wasir. Nggak usah khawatir, ada banyak pilihan pengobatan, atau sekedar biar rasa sakitnya jadi nggak teramat. Cara mengatasi ambeien di bawah ini adalah cara yang memanfaatkan bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan. Berikut ini cara selengkapnya.

Jambu Biji

Jambu biji yang besar sekali manfaatnya untuk mengobati penyakit malaria ternyata juga bisa membantu anda yang sedang bermasalah dengan penyakit ambeien.

Caranya sangatlah mudah, cukup dengan mengambil dan mencuci beberapa lembar pucuk daun jambu biji yang masih muda. Siapkan juga sebuah pisang batu dan kupaslah. Haluskanlah keduanya menggunakan blender sampai keduanya mengeluarkan air. Airnya diperas dan diminum setiap hari dengan rutin hingga penyakit ambeien yang anda derita sembuh.

Lidah Buaya

Cara mengobati ambeien selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Ya, lidah buaya yang baik sekali untuk menyehatkan rambut ternyata juga bisa membantu anda mengatasi masalah ambeyen yang terjadi. Caranya cukup dengan mengambil ½ daun lidah buaya kemudian ambil dagingnya saja.

bersihkanlah dengan cara mencucinya kemudian buang semua durinya. Parutlah dan tambahkan ½ air matang serta 2 sdm madu. Aduklah keduanya sampai rata dan saringlah.

Anda minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari hingga penyakit ambeien yang diderita sembuh total. Untuk hasil yang maksimal anda juga bisa mengoleskan lidah buaya dalam bentuk jus dan dicampurkan norit serta bubuk gambir secukupnya saja di area anus.

Pegagan

Udah tau pegagan itu appa? Yang belum pegagan adalah tanaman yang mudah dijumpai di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Biasanya banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Meski tumbuh liar, ada banyak manfaat daun pegagan yang bisa didapatkan, mulai dari kegunaannya sebagai antidepresan, hingga mengobati luka.

Cara alami mengobati ambeien lainnya adalah dengan memanfaatkan pegagan. Cukup dengan membersihkan dan memotong sebanyak 5 tanaman pegagan beserta akarnya. Anda tambahkan secangkir air panas kemudian dididihkan selama 5 menit saja. biarkan sampai dingin kemudian minumlah secara perlahan tiap 1 kali dalam sehari.

Cocor bebek

Tanaman yang biasa dijadikan hiasan ini, di dalamnya mengandung magnesium malat, tanin, biofilin, kalsium dan sebagainya, yang berguna untuk anti-peradangan.

Cocor bebek dibersihkan terlebih dulu lalu dijemur sampai kering, kemudian ditumbuk sampai lembut, lalu diseduh dengan air panas layaknya menyeduh minuman teh.

Kompres dengan es

Bengkak karena ambeien bisa dihilangkan dnegan menggunakan kompres dingin atau dengan memakai es. Cara tersebut bisa dipraktekan untuk penderita ambeien yang lumayan parah serta sakit karena bengkak.

Caranya adalah, siapkan es batu dan kain halus dan bersih, lalu bungkus es tersebut dengan menggunakan kain, diamkan selama kurang lebih lima belas menit. Yang menjadi perhatian adalah jangan sampai es tersebut mengenai kulit di bagian yang bengkak.

** 

Jika ingin menerapkan cara mengatasi ambeien secara alami, kamu juga harus membarenginya dengan pola hidup sehat, agar wasir tidak dengan mudah kambuh kembali. Banyak mengonsumsi air putih, makanan berserat, menghindari makanan pedas, olahraga rutin merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah wasir kambuh kembali.

Sebelum memilih cara alami mengobati ambeien yang sesuai, ada baiknya berkonsultasi lebih dulu pada dokter untuk mengetahui seberapa parah wasir yang Anda alami dan bisakah wasir Anda diobati cukup dengan cara alami saja.



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar