Air terjun Putuk Truno Prigen Dan Kisah Cinta Abadi Dibalik Keindahannya

Air terjun Putuk Truno Prigen Dan Kisah Cinta Abadi Dibalik Keindahannya

Air terjun Putuk Truno Prigen Dan Kisah Cinta Abadi Dibalik Keindahannya

 

Air Terjun Putuk Truno merupakan salah satu objek tempat wisata di Prigen Pasuruan yang cukup populer. Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian sekira 45 meter yang dilengkapi juga dengan keelokan air terjun yang sungguh mempesona. 

Karena air terjun di Pasuruan ini lokasinya berada di kaki gunung Welirang dan gunung Arjuno, tentu kalian akan merasakan suasana sejuk dan juga asri. Objek wisata yang ini dapat kalian jadikan wisata alam alternatif bersama keluarga atau sekadar melepas kepenatan dari aktivitas sehari–hari.

Air terjun ini menjadi salah satu air terjun kebanggaan warga Prigen , Pasuruan. Terbukti setiap akhir pekan tiba, tempat ini selalu dipenuhi pengunjung lokal maupun dari berbagai daerah. Keindahan yang ditawarkan terasa menghipnotis dan enggan beranjak pulang. Saat air jatuh ke dalam kolam yang berwarna bening, rasanya ingin menceburkan diri ke kolam.

@silviakotna


 

Kicauan burung dan bermacam jenis kupu-kupu cantik menyambut kehadiran pengunjung begitu memasuki Putuk Truno. Bila beruntung lutung Jawa atau primata berbulu hitam ini bisa ditemukan di sana.

Kecantikan air terjun ditambah dengan hadirnya bebatuan dan hijaunya pepohonan yang membuat air terjun ini semakin cantik. Selain dikenal akan keindahannya, air terjun ini juga dikenal akan air nya yang segar dan sangat jernih. Karena jernihanya, batu-batu yang ada di dalam air pun dapat terlihat dengan jelas.

@ekalia87

Selain itu, kamu juga bisa bermain di kolam alami yang ada, kesegarannya pun berhasil membuat penat hilang serta lo juga bisa menjauh dari hiruk pikuk perkotaan ketika berada di kawasan wisata ala mini.

 Oo iyaa, kamu harus tetap hati-hati yaa ketika musim hujan telah tiba. Karena kondisinya pun cukup berbahaya untuk lo bisa berenang.

@aaisssyah_



Legenda yang Tersebar di Masyarakat

Putuk artinya Ular dan Truno nama dari Joko Turno, seorang pria dari kalangan kelas bawah yang jatuh cinta dengan Sri Gading Lestari putri dari Raden Arya Wiraraja.

Joko Taruno jatuh cinta kepada Sri Gading Lestari yang tak lain adalah putri Raden Arya Wiraraja, adipati Madura. Sang adipati tidak merestui hubungan keduanya.

Arya Wiraraja menyembunyikan putrinya di sebuah tempat bernama Coban Baungdi kawasan Purwodadi dan memagarinya dengan kekuatan gaib. Agar putrinya tak bisa bertemu dengan Joko Taruno.

Begitu dalamnya cinta Joko Taruno terhadap Sri Gading Lestari seolah tak dapat dipisahkan oleh apa atau siapapun termasuk oleh sang adipati sendiri. Ia pun memutuskan untuk bertapa memohon bantuan kepada Sang Penguasa Jagad. Saat bertapa, tubuhnya tiba-tiba berubah menjadi seekor ular.
 

@afanisa_

Berbekal kesaktian yang dimiliki, Joko Taruna mampu menembus benteng gaib yang memagari Sri Gading Lestari. Tanpa sepengetahuan sang Ayah, Sri Gading Lestari melarikan diri untuk bertemu dengan pujaan hatinya. Akhirnya mereka bertemu di sebuah air terjun yang kini dikenal dengan nama Air Terjun Putuk Truno.

Di tempat itulah cinta kasih mereka tumbuh dan bersemi kembali hingga kekal-abadi. Air Terjun Putuk Truno dinamakan juga Air Terjun Keabadian. Sebagian orang meyakini kalau berendam di air terjun ini akan mendapatkan berkah berupa cinta abadi. Seperti layaknya kisah cinta antara Joko Taruno dengan Putri Sri Gading.

Sebagian orang meyakini kalau mandi atau berendam di bawah debur air terjun ini akan mendapatkan berkah berupa cinta abadi. Seperti kisah cinta antara Joko Taruno dengan Putri Sri Gading.

@_nafilla.d



Spot Fotografi Ciamik

Buat kamu yang memilki hobi fotografi, ini merupakan kawasan tepat untuk menjadi latar belakang setiap gambar kamu. Banyak momen-momen indah yang bisa kamu dapatkan di sana. Mulai dari bentangan hijau disekelilingnya, hingga derasnya air yang jatuh menjadi obyek fotomu.

Sesuai yang disebut diawal, Air Terjun Putuk Truno sangat populer, khususnya dikalangan pecinta fotografi. Banyak wisatawan yang datang hanya ingin mengabadikan momen dengan berfoto selfie. Berfoto selfie dengan latar belakang Air Terjun Putuk Truno dijamin akan mendapatkan hasil foto yang keren. 

Di depan air terjun persis terdapat sebuah gardu pandang atau anjungan yang biasa digunakan wisatawan selfie.

@izazulmiaiii

 

Fasilitas di Air Terjun Putuk Truno

Layaknya tempat wisata populer di Pasuruan, fasilitas Air Terjun Putuk Truno tentu sangat diperhatikan oleh pihak pengelola untuk kenyamanan wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain :


  • Area Parkir 
  • Toilet 
  • Mushola 
  • Saung 
  • Spot Foto 
  • Warung makan 
  • dan lainnya


Untuk menikmati keindahan serta fasilitas yang tersedia, wisatawan tentu akan dibebani Harga Tiket Air Terjun Putuk Truno yang berlaku.



Rute Menuju Putuk Truno

@_rani1707


 

Banyak yang menyangka bahwa jika berwisata ke tempat wisata air terjun akan menempuh perjalanan yang sulit dan butuh peralatan khusus. Tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan.

Untuk mengunjungi air terjun terindah di Jawa Timur ini, pengunjung bisa dengan mudah untuk mencapai lokasi wisata air terjun yang satu ini. Rute yang ditempuh untuk sampai ke lokasi juga bisa dikatakan tidak terlalu sulit.

Jika pengunjung berangkat dari pusat kota Pasuruan, dapat menuju Kecamatan Prigen, tepatnya menuju Polsek Prigen. Sesudah sampai ke polsek prigen, pengunjung bisa mengambil jalur kiri yang akan akan membuat tidak terlalu jauh dari lokasi wisata tersebut.

Setelah itu pengunjung dapat mengikuti jalan tersebut sampai 200 meter. Maka akan sampai ke lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan.

 

@ajengkling7


 


Harga Tiket Masuk

Mengenai harga tiket masuk nya, kalian tak perlu khawatir karena harganya cukup murah. Kalian hanya perlu memabayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja per orangnya. Namun jika kalian membawa kendaraan sendiri, maka kalian akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.



Lokasi Air Terjun Putuk Truno

Untuk Lokasi Air Terjun Putuk Truno berada di alamat Jl. Putuk Truno, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157. Untuk akses Air Terjun Putuk Truno cukup mudah untuk dijangkau, karena pengunjung dapat menuju lokasi dengan berbagai kendaraan yang ingin digunakan untuk sampai ke air terjun yang satu ini. Bahkan jalannya juga sudah dalam keadaan yang baik.

@afit.amrullah



Itulah informasi mengenai Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan, semoga bermanfaat. Jangan lupa terus kunjungi panjinawangkung.com :)



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar