Wisata Bukit Klangon , Spot Terbaik Untuk Melihat Kemegahan Gunung Merapi

Wisata Bukit Klangon , Spot Terbaik Untuk Melihat Kemegahan Gunung Merapi



Jogja, memang sebuah kota istimewa yang selalu menyajikan destinasi yang istimewa pula. Tengoklah jajaran pantai di sepanjang Gunung Kidul, Tebing Breksi, dan juga Hutan Pinus Mangunan yang berhasil membuat traveler terkagum-kagum. Kini di wilayah utara Jogja ada lagi sebuah destinasi mengagumkan yang layak untuk dijambangi traveler sejati.

Bukit Klangon Merapi namanya, terletak di wilayah Sleman tepatnya di Desa Cangkringan benar-benar menawarkan spot foto yang sangat epic.

Nama asli dari Bukit Klangon ini adalah Wisata Alam Bukit Glagaharjo, tetapi para pengguna media sosial biasa menyebutnya Bukit Klangon.

@kataedho

Bukit Klangon merupakan salah satu obyek wisata yang ada di kota Yogyakarta tepatnya berada di daerah Sleman. Jika kamu ingin melihat dengan jelas Gunung Merapi, kamu tidak perlu capek-capek mendaki untuk sampai puncaknya. Karena kamu bisa melihatnya dengan berkunjung ke Bukit Klangon.

Bukit Klangon memiliki gardu pandang dengan background Gunung Merapi. Karena lokasi Bukit Klangon berada dekat dengan Gunung Merapi yaitu sekitar 4 km. Gunung Merapi itu masih aktif yang nampak gagah dan besar, jadi memiliki keindahan yang sangat mempesona.



Bukit Klangon Merupakan Spot Terbaik Untuk Melihat Merapi

@irhazzamil

Sajian utama yang diusung Bukit Klangon sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan lokasi-lokasi seperti Bukit Bintang di Gunung Kidul. Kendati sama-sama mengusung wisata gardu pandang, Bukit Klangon tetap saja memiliki sisi lain yang tentunya berbeda. Kalau kamu selama ini hanya medengar Merapi dari cerita sana sini aja, kini saatnya kamu membuktikan dan melihat langsung Gunung Merapi itu kayak apa.

Kamu nggak perlu mendaki untuk sampai di puncaknya, karena lewat Bukit Klangon Merapi kamu bisa melihat puncak Merapi dengan sangat jelas. Dari bukit ini, Merapi hanya berjarak 4 km saja dan tentu ini membuat kamu dan Merapi terasa lebih intim bukan?

@dewi_rhmd

Perlu diketahui, bukit dengan nama lain Bukit Indah Glagaharjo ini merupakan wilayah pemukiman warga tertinggi yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Hal ini dikarenakan ketinggiannya yang mencapai 1.100 mdpl sehingga suhu udara di bukit ini cenderung dingin.

Dengan ketinggiannya itu, pengunjung akan disuguhkan oleh panorama Gunung Merapi yang berdiri kokoh hanya dari jarak 4 km. Lanskap tersebut bisa terlihat sempurna dari gardu pandang Bukit Klangon yang didirikan setinggi 5 meter.

Tidak hanya pemandangan wajah merapi yang lebih detail, pengunjung juga akan ditemani oleh suasana sejuk khas pegunungan. Hamparan hijau pepohonan dan perkebunan warga, serta bekas aktivitas vulkanik pun turut menambah sisi eksotis dari tempat ini.

@en.ndahh_kartika

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah dan menyejukan, Bukit Klangon juga menyediakan tempat perkemahan yang cukup luas. Adanya area berkemah bisa dijadikan untuk bermalam hingga keesokan paginya bisa menjelajahi kawasan Bukit Klangon di waktu ideal. Sayangnya, fasilitas ini hanya dibuka pada malam sabtu-minggu, dan hari libur lainnya.

Pengunjung pun perlu membayar retribusi senilai Rp10 ribu/orang sebelum diizinkan menggelar tenda dan jangan lupa untuk mengurus izin dari pengurus setempat.

Bukit Klangon juga sangat direkomendasikan untuk anda yang menyukai wisata sedikit ekstrim. Pengelola telah menyediakan fasilitas sirkuit downhill.

@rarasadrina

Kamu bisa bersepeda menyusuri jalur yang disediakan. Jalurnya yang naik turun dan terdapat beberapa bagian yang terjal akan menguji adrenalin anda.
Sirkuit downhill di sini diklaim sebagai yang terbaik di Yogyakarta. Tak heran kalau lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan even bersepeda , baik tingkat regional maupun nasional.


Fasilitas Bukit Klangon

@sintarahmadina_

Fasilitas yang ada di wisata Bukit Klangon sudah cukup memadai, terdapat fasilitas umum di wisata Bukit Klangon yang dapat membuat para wisatawan yang berkunjung dapat merasa nyaman. Fasilitas diantaranya:
  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Mushola bagi yang muslim
  • Warung makanan tradisional
  • Terdapat porter sepeda
  • Track downhill
  • Beberapa spot foto yang indah dengan background Gunung Merapi
  • Gazebo


Harga Tiket dan Parkir Bukit Klangon

@maha_devi

Harga tiket untuk masuk ke wisata Bukit Klangon belum dikenakan biaya, anda hanya perlu membayar seiklasnya ketika anda ingin berfoto ria di berbagai spot foto yang ada di Bukit Klangon.

Sedangkan untuk harga parkir anda hanya akan dikenakan biaya Rp. 2000 untuk kendaraan motor dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Bukit Klangon dibuka untuk umum selama 24 jam setiap hari. Akan tetapi jadwal ini kerap berubah sewaktu-waktu. Lokasi wisata ini sendiri bergantung pada status aktivitas vulkanis Gunung Merapi yang memang berada di dekatnya.

@kaa_tikaaaa


Lokasi Bukit Klangon

Kawasan wisata bukit ini berlokasi di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Nah, untuk menuju lokasi Bukit Klangon, idealnya kita disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau bisa menyewa kendaraan. Hal ini karena akses dan medan rutenya masih kurang memungkinkan bagi transportasi umum menuju lokasinya langsung.

Lokasinya sendiri berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta. Rutenya bisa diakses menggunakan Google Maps. Bukit Klangon berjarak 2 km dari taman wisata The Lost World Castle yang sudah banyak dikenal. Sampai di area tersebut papan penunjuk arah menuju Bukit Klangon sudah banyak tersedia untuk diikuti.


Bagaimana? Tertarik juga untuk menikmatinya?


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar