Nepal Van Java , Pesona Keindahaan Dusun Butuh Yang Ada di Magelang

Nepal Van Java , Pesona Keindahaan Dusun Butuh Yang Ada di Magelang



Salah satu tempat tujuan wisata yang paling hits hadir di Magelang. Namanya, Nepal Van Java. Letaknya di Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang.

Dijuluki Nepal Van Java karena dusun ini mirip sekali dengan suasana di Pegunungan Himalaya Nepal. Berada di Kaki Gunung Sumbing yang sejuk dan berkabut. Rumah warga dibangun beraturan, mengikuti kontur dari kaki Gunung Sumbing. Ini lantaran dulu, sebelum dibangun rumah, lahan itu merupakan ladang pertanian warga, sehingga bangunan rumahnya jadi mengikuti kontur lahan. Dari bawah, memanjang terus ke lereng paling atas.

Sebagaimana Namche Bazaar di Nepal yang merupakan desa cantik favorit di jalur pendakian Everest, Butuh Kaliangkrik juga jadi spot menarik bagi para pendaki Gunung Sumbing. Jalur ini sendiri dikatakan langsung mengarah ke Puncak Sejati.

@novian_altelucav


Suasana sekitar yang masih asri, Panorama indah berupa rumah penduduk yang seolah bertumpuk di lereng gunung ditambah segar udara pegunungan membuat pendaki memilih jalur melalui desa tersebut.

Dusun Butuh merupakan dusun tertinggi di Kabupaten Magelang. Ketinggianya 1620 MDPL. Lebih tinggi dari Gunung Andong.

@sariaix


Dusun Butuh kini semakin viral dan dikenal banyak orang. WIsatawan yang datang tidak hanya dari dalam kota saja. Melainkan dari berbagai daerah.

Jika kamu berkunjung ke Dusun Butuh, maka di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah, hijaunya pepohonan yang asri. Di sebelah kanan dan kiri, terbentang lading pertanian warga.

Patung pendaki emas menjadi tanda selamat datang bakal menyambutmu saat tiba di gerbang masuk dusun.

Dusun butuh sendiri bukanlah tempat wisata, melainkan hanya sebuah dusun biasa yang kerap menjadi salah satu rute pendaki yang ingin menaklukan Gunung Sumbing. Terdapat basecamp bagi pendaki di tengah-tengah permukiman warga di dusun ini.

Namun banyak pengunjung yang datang ke dusun ini sekadar untuk menikmati pemandangan yang sungguh menakjubkan sambil berswafoto.

@krisnadyah96


Bagi pengunjung yang ingin lebih lama merasakan indahnya Dusun Butuh tidak perlu khawatir. Sebab sudah banyak rumah warga yang disulap menjadi sebagai penginapan.

Meski tidak mewah, tetapi cukup untuk menampung pengunjung yang ingin menikmati dinginnya pegunungan.

Warga dusun ini yang sangat ramah dengan pengunjung. Pengunjung maupun pendaki yang datang ke sini, dianggap seperti tamu yang ingin bersilaturahmi.

Kalau suatu saat kamu berkesempatan mengunjungi Dusun Butuh, pastikan untuk membawa pakaian tebal karena suhu di sana sangat dingin dan sejuk. Jangan lupa pula untuk berfoto sebanyak-banyaknya karena banyak lokasi berfoto yang instagrammable

Lokasi Nepal Van Java


Lokasi tepat destinasi ini berada di Dusun Butuh, Desa Tamaggung, Kecamatan Kaliangkrik. Untuk sampai di tempat wisata tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 30-45 menit dari pusat kota Magelang. Tenang saja gaes , lokasi ini sudah dikenali Google Map kok.
Jadi Kamu gak usah takit nyasar :)

Untuk kamu yang mau kesini dengan kendaraan pribadi pastikan kendaraan kuat menanjak , karena lokasi Dusun Butuh berada di ketinggian. Oleh karena itu, pengunjung akan cukup akrab dengan tanjakan saat menuju ke sana.

Kondisi jalan seperti itu tentu saja membutuhkan kendaraan yang kuat untuk menanjak, baik mobil atau sepeda motor.

Namun jika kendaraan tidak kuat menanjak, telah ada jasa ojek yang bisa mengantar pengunjung sampai Dusun Butuh.


@nanang_adisusilo

Tiket Masuk


Warga mamasang tarif Rp 2000 setiap wisatawan yang datang. Uang tersebut digunakan untuk kebersihan lingkungan saja selebihnya menjadi kas dusun.

Selain itu, pengunjung juga akan dibebani biaya Pakir kendaraan. Rp 5000 untuk roda empat dan Rp 2000 untuk roda dua.

Bagi pengguna roda empat, diharapkan lebih berhati-hati. Pasalnya, minimnya kantong parkir memaksa sepanjang jalan difungsikan untuk parkir.

@wprast31


Nah, Kamu tertarik untuk berkunjung ke Dusun Butuh yang ada di Magelang ini?


Galeri Foto Nepal Van Java



@niaayu15_



@irennakristyn


@inspirasiootdberhijab


@dindaadeaaa



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar