Inilah Sosok Odading Mang Oleh yang Viral di Twitter


Baru-baru ini viral sebuah video. Bukan Video mesum lho yaa.. tapi sebuah video Bapak-bapak ngegas dengan menyebut Odading Mang Oleh dan pantun beli tomat yang cringe abis. Siapa sih sosoknya? Odading Mang Oleh yang dimaksudnya adalah sebuah strategi promosi berjualan gaes.

Setelah ditelusuri, ternyata Odading ini adalah kue khas jajanan Kota Bandung , kue ini mirip kue bantal dan disajikan dengan cara digoreng gaes. Tapi keduanya punya perbedaan. Pertama, kue bantal menggunakan soda kue dan amoniak, sedangkan odading ngga pake. Tenang aja, tekstur dan rasa odading sendiri gak kalah empuk dan enak kok. Mang Oleh sendiri berjualan kue ini di gerobak PKL, di Jalan Baranang Siang, di sekitar Gedung Rumentang Siang, Kota Bandung.

Rupanya, usaha ini telah digeluti pria paruh baya itu sejak 33 tahun yang konon menjajakan Odading dengan resep turun temurun keluarganya. Citarasa roti buatan Mang Saleh ini juga tidak pernah berubah sejak awal. Selain Odading, Mang Saleh juga menjajakan cakwe. Satu Odading dan cakwe dijual seharga Rp1.500 ribu.


Video yang diunggah pemilik akun @kencrotawn ini menyuguhkan aksi sang pedagang yaitu Mang Oleh yang tengah menjajakan kue Odading dengan gaya yang kocak.

Betapa tidak, promosi ala Mang Sholeh tersebut sanugat tidak biasa karena menggunakan bahasa Sunda yang cukup sedikit kasar dan nyeleneh.

Nada bicaranya pun cenderung ngotot seperti orang yang tengah dilanda emosi, tidak seperti gaya tengah mempomosikan padau umumnya.

Lucunya lagi, rangkaian kalimat promosi yang diucapkan pria asal Bandung itu terselip beberapa pantun yang sangat tidak nyambung.

Bahkan diawal kalimatnya, Mang Oleh menyebutkan jika memakan kue odading daganganya akan serasa mejadi Iron Man, super hero Marvel Studios.

"Odading Mang Oleh..Euumm rasanya seperti Anda menjadi Iron Man, belilah Odading Mang Oleh didie. Karena lamunu teu dahar odading mang Oleh, maneh teu gaul jeng Aing, lain balad Aing Gob**k. Ikan Hiu makan tomat, Gob**k mun teu kadieu, Odading Mang Oleh rasanya an**ng banget," selorohnya.



Jika diterjemahkan seutuhnya dalam bahasa Idonesia, maka kurang lebih seperti berikut ini.
"Odading Mang Oleh..Euum rasanya seperti Anda menjadi Iron Man. Belilah Odading Mang Oleh disini. Karena jika tidak makan Odading Mang Oleh, kamu tidak gaul sama saya, bukan teman saya Go**k (Kata-kata kasar). Ikan Hiu makan tomat, Go**k kalau tidak kesini, Odading Mang Oleh rasanya An**ng (Menyebutkan jenis binatang) banget,".

Hingga saat ini , video berdurasi sekitar 26 menit itu sudah ditonton sebanyak lebih 1,8 juta kali. Video inipun menuai banyak komentar dari para netizen.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar