Gili Noko Bawean , Surga di Ujung Gresik


Pulau Bawean adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat melancong ke Jawa Timur, khususnya saat berada di Kabupaten Gresik.

Gili Noko adalah salah satu pantai di Pulau Bawean yang memiliki pemandangan menakjubkan. Pulau Bawean terletak sekitar 80 Mil atau 120 km di sebelah utara Gresik yang juga masih masuk dalam teritorial laut Jawa. Meski terpisah dengan Pulau Jawa, secara administrasi Bawean masih satu wilayah dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Memiliki 2 kecamatan yaitu Sangkapura dan Tambak, Pulau Bawean dihuni sekitar kurang lebih 70.000 jiwa.

@atuz.09

Bagi Anda yang ingin menikmati eksotisme laut bersih, biru dan asri, maka Bawean adalah destinasi yang tepat. Banyak sekali pantai yang bisa dinikmati dengan keindahan bawah laut menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Pulau Gili.

Meski belum banyak dikenal seperti Bali dan Karimun Jawa, pulau ini menyimpan banyak pesona wisata bahari yang wajib untuk dijelajahi.

Gili Noko dikelilingi oleh beberapa pulau kecil berpasir putih yang sama-sama memiliki pantai memesona. Bahkan, ada pulau yang tidak berpenghuni.

Pantai yang memiliki air jernih dan pasir putih lembut ini menjadi spot terbaik untuk berburu sunset atau sunrise. Pemandangan ini bertambah indah dengan perpaduan persawahan hijau dan rindangnya pepohonan serta gazebo .

@rjonamika

Pantai Pulau Gili ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang indah dan menawan. Keindahan terumbu karang yang menakjubkan, tak kalah sama Bunaken! Kamu bisa melakukan snorkeling. Dengan biaya 75.000 per orang. (harga bisa berubah sewaktu0waktu).

@rjonamika


Akses dan Lokasi Gili Noko Bawean


Untuk menuju ke Pulau Gili, Anda harus naik kapal Feri dari Pelabuhan Kota Gresik menuju Bawean. Kapal ini tidak tersedia setiap hari. Sejumlah jenis kapal yang tersedia seperti Bahari Ekspress, Gili Iyang, dan Natuna Ekspress. Masing-masing punya tarif berbeda dan tidak menentu.

Untuk tujuan Gresik-Bawean misalnya, bisa naik Bahari Ekspress pada jam keberangkatan pukul 09.00 WIB di hari Selasa, Kamis, & Minggu dengan tarif sebesar Rp146.500. Sedangkan untuk perjalanan sebaliknya kapal ini beroperasi pada hari Sabtu, Senin, dan Rabu dengan tarif sebesar Rp162.500.

@irulslfks

Pembelian tiket bisa langsung menghubungi kontak resmi kapal. Atau untuk mengetahui info lengkap keberangkatan kapal menuju Bawean, bisa langsung melihatnya di situs resmi pemerintah Gresik, yaitu gresikkab.go.id.

Hal lain yang pelu diketahui adalah, di Pulau Bawean tidak ada transportasi umum. Jika ingin membawa motor sendiri saat menaiki kapal tentu diperbolehkan, namun dengan tambahan tarif.

Perjalanan ke Bawean membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Sedangkan untuk mencapai Pantai Pulau Gili atau pulau kecil lainnya harus naik perahu tradisional bersama tour guide local dari dermaga Desa Sidogedungbatu dengan biaya Rp35.000 per orang.

Fasilitas di Gili Noko Bawean

Banyak makanan dijual oleh warga di pulau ini. Harganya pun masih terjangkau, sekitar 30 ribu rupiah untuk satu porsi nasi Kella Celok, yakni nasi dengan ikan kuah kuning yang lezat. Atau bisa membeli ikan hasil tangkapan warga dan membakarnya sendiri di tepi pantai. Harga ikan pun beragam sesuai jenis dan ukurannya.

@redbell.97

Karena kapal rute Bawean-Gresik hanya tersedia dua hari sekali, memang perlu bermalam di sini. Di Bawean sudah banyak homestay disediakan warga. Tarifnya beragam mulai Rp200.000 hingga Rp500.000 rupiah per malam.

Para pengunjung pasti akan sangat puas setelah berada disana apalagi ditambah dengan kecantikan bawah air yang bisa mereka nikmati langsung. Para pengunjung juga dapat menikmati lautan lepas dengan hempasan ombak pun yang akan menambah keasyikan untuk melakukan snorkelling.

@murtiadha_sari

Sebagai pantai yang masih “perawan”, Pantai Pulau Gili jelas menawarkan keindahan yang tiada duanya dengan obyek wisata pantai yang lainnya. Air laut di sekitarnya masih tampak biru bening, ditambah dengan persawahan yang luas yang mendominasi bagian dalam pulau Gili. Berdiri di atas dataran pasir yang berada di tengah laut sambil menikmati indahnya pemandangan laut Jawa seringkali menjadi aktivitas puncak tur saat mengunjungi Pulau Bawean.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar