Tips Jitu Memaafkan Mantan Kekasih

Meminta maaf itu sulit, namun lebih sulit lagi memaafkan kesalahan orang yang telah menyakiti kita…

Kalimat di atas banyak terlontar dari mulut orang yang tersakiti. Apalagi yang menyakiti itu berstatus sebagai mantan kekasih. Wuiihhh.. (pasti) nyesek rasanya hati.

Kegagalan asmara bagi kebanyakan orang berimbas pada buruknya jalinan hubungan yang telah terbina. Perasaan kecewa, marah, dan sakit hati menyatu. Tak sedikit bahkan yang menyimpan dendam karena kandasnya hubungan asmara tersebut.

Memang kita sebagai manusia tak akan pernah bisa melupakan mantan. Sebab mantan adalah sosok yang masuk dalam konteks peristiwa penting dalam hidup kita. Jadi kalau ada yang memberi nasehat agar kita melupakan mantan, percayalah itu adalah sesuatu yang mustahil.

Kita tak akan bisa melupakan peristiwanya, yang bisa kita lakukan adalah menghilangkan rasanya. Itu kenapa saat kamu diputusin pacar yang akan segera jadi mantan, yang sakit itu bukan pikiran, bukan otak secara organ. Namun yang sakit itu hati. Itulah alasan sederhana kenapa usaha melupakan mantan kalau tujuannya adalah meniadakan nama dia dalam kepala, atau melupakan seperti apa rupanya adalah usaha yang sia-sia.

Melupakan mantan yang benar adalah “usaha untuk menghilangkan rasa”.

Nama dan rupanya pasti akan selalu terekam dalam pikiran kita, tapi jika usaha melupakan dengan benar itu berhasil maka kita tak akan lagi terganggu dengan wajahnya yang berseliwiran di kepala kita. Ingat tapi tak akan teringat-ingat. Hanya orang yang kita rasa istimewalah yang bakal kita ingat-ingat. Maka yang perlu digeser adalah posisi rasa di hati kita untuk mantan. Jika tadi posisi rasa untuk dia ada dibagian hati yang paling dalam, maka sekarang sudah saatnya mengangkatnya ke permukaan. Jadi dalam melupakan mantanpun ada therapinya. Kalau grasak-grusuk pasti sulit. Pasti sulit untuk melupakan mantan pada saat hari H diputusin. H+ setahun juga mungkin belum bisa kita lupakan, tapi kalau rasa di hati sudah hilang, itu hanya soal mecari penggantinya saja.

Sebenarnya terdapat cara jitu agar lebih mudah lepas dari bayang-bayang mantan pacar. Cara yang lebih bijak dalam menentukan arah hidup dari kehidupan asmara kamu nantinya. Tapi bukan cara membuat mantan menyesal telah putus dengan kamu, melainkan dengan memaafkan segala kesalahan sang mantan bahkan hingga masalah pada akhirnya menjadi sebab berakhirnya hubungan asmaramu dengan si dia.

Memang memaafkan mantan kekasih yang sudah melukai perasaan menjadi suatu hal yang tidak mudah untuk dilakukan begitu saja. Butuh waktu lama untuk memulihkan luka yang telah dibuat oleh sang mantan. Namun, yakinlah bahwa dengan memaafkan, kamu jadi lebih mudah move on darinya.

Berikut tips jitu buat kamu agar lebih mudah memaafkan mantan. simak ya...

Menyadari Kesalahan Dari Sendiri
Mungkin sang kekasih sudah menjadi sosok yang sangat kamu benci oleh karena telah membuatmu sakit hati. Namun, kamu sebaiknya dapat melihat lebih bijak setiap kesalahan yang dilakukannya. Bisa jadi sumber kesalahan tersebut berasal dari kamu. Misalnya, sikap cemburumu yang kelewatan membuat dia jadi suka berbohong untuk menutupi rasa khawatirnya akan kemarahanmu saat dia bertemu dengan perempuan lain.


Memaafkan Diri Anda Sendiri
Terkadang penyesalan yang mendalam seringkali dirasakan seseorang orang saat mereka menghadapi kegagalan dalam hubungan asmaranya. Namun, sebaiknya kamu pun dapat memaafkan dirimu sendiri dan tidak perlu menyesal putus sama mantan yang pernah dibina dengannya. Setidaknya di saat kamu mampu memaafkan diri sendiri, pikiran negatif dengan segala keburukan mantan kekasih dapat terminimalisir. Oleh karena itu, memaafkan diri sendiri agar kamu tidak tenggelam dalam penyesalan yang hanya membuatmu makin terpuruk pasca hubungan berakhir.


Fokus Pada Masa Depan
Daripada menyesali kegagalan hubungan asmara, kamu tentu akan lebih produktif jika dapat berokus pada masa depan. Berakhirnya hubungan asmara bukanlah akhir dari segalanya.

Oleh karena itu, mengarahkan diri pada segala rutinitas yang dapat membuatmu menjadi lebih produktif ke depannya baik terhadap pendidikan ataupun karir tentu dapat membuat pikiran menjadi lebih positif menilai kegagalan dalam hubungan asmara dengannya.


Tidak Perlu Curhat Pada Semua Orang
Rasa kesal dan kecewa akan kegagalan dalam kehidupan asmara bersama sang kekasih jelas dapat menjadi pemicu yang membuat banyak orang menjadi lebih mudah untuk menceritakan segala keburukan sang mantan kekasih. Menceritakan keburukan sang mantan pada setiap orang, kerabat, sahabat, teman, bahkan orang-orang yang baru dikenal hanya akan membuat kamu dinilai adalah sosok wanita yang tidak dewasa. Bersikap demikian hanya akan membuat kamu menjadi lebih sulit melupakan sosok mantan kekasih. Oleh karena itu, berbagi cerita hanya pada orang-orang terdekat dengan kegagalan hubungan asmara dengannya tanpa harus menjelekkannya di depan mereka sudah cukup membuat kamu menjadi lebih mudah untuk memaafkannya

So… Jangan simpan marah apalagi dendam lama-lama ya ama sang mantan. Ingat lo! sebentar lagi lebaran, jadi kita harus isi hati dengan keikhlasan untuk memaafkan agar hidup kita bisa terasa lebih indah…

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar