Sensasi di Waduk Bajul Mati Banyuwangi Seperti di Raja Ampat di Papua


Kota Banyuwangi, siapa sih yang gak kenal Banyuwangi? Kota yang berada di paling ujung Pulau Jawa ini memiliki banyak keindahan alam.

Tahukah kamu? di sekitar Kawah Ijen dan Baluran National Park yang telah mendunia, ada Waduk Bajulmati. Meski namanya sama dengan Pantai Bajulmati di Malang, objek wisata alam ini lebih menawarkan keindahan seolah Raja Ampat di Papua.

Seperti halnya Baluran, waduk yang membendung Sungai Bajulmati ini terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Luas Daerah Tangkapan Air (DTA) waduk yang dibangun pada tahun 2015 ini mencapai 98.43 km2. Membentang di antara Gunung Baluran dan Pegunungan Ijen.
@kakanddaa

Selain dimanfaatkan untuk irigasi, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), konservasi air dan perikanan keramba. Waduk Bajulmati juga primadona wisata baru karena menawarkan lanskap yang unik nan eksotik. Desain alam terutama ditonjolkan oleh bukit-bukit kecil yang mengelilingnya.

Saat menjejakkan kaki di Waduk Bajulmati, hal pertama yang bakal kamu rasakan adalah kesejukan alam dan suara aliran air dan semilir angin. Panoramanya penuh dengan panorama hijau. Karena lokasinya yang cukup atau bisa dibilang sangat lebar, perlu untuk menyusurinya dengan motor atau mobil. Barulah, saat ingin naik ke perbukitan kamu bisa berjalan kaki. Panorama hijau, angin semilir dan waduk yang bening menjadi perpaduan yang apik untuk diabadikan ke dalam sebuah potret. Hasilnya tidak akan mengecewakan.

Miniatur Raja Ampat yang Memikat.
@ikeenursintia

Destinasi wisata Waduk Bajulmati memang digadang-gadang sebagai mini Raja Ampat yang memiliki pemandangan elok, namun dengan budget yang lebih murah. Bisa liburan tipis-tipis nih. Karena memang di lokasi ini banyak gundukan-gundukan perbukitan tidak terlalu besar yang tersebar di Waduk Bajulmati. Kalau dibandingkan dengan Raja Ampat memang masih kalah jauh, tapi panoramannya akan membuai para wisatawan yang datang.

Daya Tarik Waduk Bajulmati


Menjelajahi Area Waduk
@belabul_06

Saat tiba di Waduk Bajulmati, untuk sejenak atau berlama-lama, biarkan sejauh pandangan mata menikmati lanskap alam yang mengagumkan. Hiruplah dalam-dalam sejuknya udara melalui semilir angin yang menyapa hingga sempurna membalut sekujur tubuh.

Menjelajah, mencoba lebih dekat adalah ide sempurna dan pastikan juga menemukan spot terbaik, abadikanlah. Bisa memilih latarbelakang Gunung Marapi dan Pegunungan Ijen yang samar-samar menyatu dengan awan. Atau, bisa juga Gunung Baluran di sebelah timur yang terkesan gagah.

Usahakanlah tiba agak pagi atau sore hari. Karena jarang sekali pohon peneduh, siang hari terasa panas dan gersang. Ketika terik, umumnya pengunjung menuju balai Bengong, yakni balai beratapkan patung Tari Gandrung yang ada di sana.

Di balai itulah pengunjung biasanya menikmati suasana sambil menyantap perbekalan. Waduk ini juga sebagai tempat ideal untuk memancing. Hanya saja, sementara tidak bisa di sekitar bangunan waduk atau pintu air.

Spot Foto
@ditattw

Ada beberapa spot di sekitar waduk bajulmati yang ideal untuk pengambilan foto. Sekilas bukit bukit yang tergenang did alam area waduk, memang sangat mirip dengan Area Wayag di Raja Ampat, Papua. Dari pintu masuk waduk, lokasi ini bsia dicapai dengan berjalan kaki sejauh 500 meter.

Selain spot bukit indah itu, pengunjung juga bisa berfoto di sepanjang jalan waduk sepanjang kurang lebih 100 meter. Jalan berpagar besi ini, menyerupai lorong, terlihat tebing batu besar seperti di pantai pandawa Bali.

Mancing

Waduk bajulmati juga disebut sebut sebagai sorga bagi para penggemar kegiatan Mancing. Para pemancing banyak memanfaatkan waduk ini untuk menyalurkan hobinya memancing ikan air tawar yang menghuni Waduk, sembari menikmati keindahan alam.

Meski dikenal sebagai tempat yang menyenangkan untuk memancing, ada aturan untuk tidak memancing di sekitar bangunan waduk atau pintu air. Pemancing boleh memancing di sisi selatan, dan harus berputar mengelilingi waduk terlebih dahulu.
@avida230101


Tips Mengunjungi Waduk Bajulmati

  • Sebaiknya datang pada sore hari atau pagi hari
  • Jika anda memutuskan untuk datang pada siang hari, sebaiknya membawa payung atau topi karena sinar matahari sangat panas
  • Jika ingin berkunjung ke waduk bajulmati, jangan lupa mampir ke taman waisata baluran, karena letaknya berdekatan hanya berjarak 5 kilometer saja.
  • Sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman karena sulit menemukan warung makan disini.
@arti.bintang


Lokasi dan Alamat Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo, tepatnya di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putih dan Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Rute Menuju Waduk Bajulmati


Jika kamu dari pusat kota Banyuwangi, maka kamu bisa melalui jalur lintas Banyuwangi-Situbondo yang akan melewati pelabuhan Ketapang menuju Pantai Watu Dodol lalu menuju ke Taman Nasional Baluran.

Setelah melewati Taman Nasional Baluran, kamu akan menemukan Gapura yang bertuliskan Waduk Bajulmati, masuk ke dalam maka kamu akan menemukan Waduk yang menjadi miniatur Wajag Raja Ampat.

Harga Tiket Masuk :


Tak dikenakan biaya masuk saat berkunjung ke sini, namun kamu dikenakan biaya parkir yang terbilang murah.
  • Biaya parkir untuk motor : Rp5.000
  • Biaya parkir untuk mobil : Rp10.000

@dwirahmayp


Gimana , tertarik mengunjungi miniaturnya Raja Ampat ini??

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar