Pesona Puncak B29 Lumajang , Negeri Atas Awan yang Sangat Menawan



Ingin berkunjung ke suatu tempat bersama dengan keluarga maupun sahabat, namun masih bingung menentukan untuk pergi ke mana? Kalau begitu coba deh kamu berkunjung ke objek wisata yang satu ini, yaitu Puncak B29 Argosari.

Puncak B29 Argosari memiliki pesona yang sangat menarik, maka dari itu sangat disayangkan jika kamu sedang berada di Lumajang namun tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke objek wisata alam yang satu ini.

Puncak B29 yang juga terkenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan, sebab dari puncak bukit tersebut kamu dapat melihat hamparan awan putih kamu pasti dapat merasakan sensasi seperti sedang berada di atas awan. Jika sempat menginap pada kawasan tersebut, kamu pasti akan dapat menikmati pemandangan sunrise maupun sunset yang sangat indah. Pemandangan alam yang hijau serta track yang berlika-liku pasti akan memacu adrenalin kamu selama berada di perjalanan nanti.

@nindaefendy

Tahukah kamu kenapa dinamakan B29?? nama yang aneh, kayak sabun colek, yang diasosiasikan juga dengan aktris tempo dulu Ratmi B29...
Kenapa dinamai B29? Ada 2 versi tentang penamaan B29 ini. Versi yang pertama adalah huruf B berarti Bukit dan angka 29 merupakan ketinggiannya 2900 mdpl. Versi yang kedua , mengenai nama Puncak B29. B mewakili "Bukit", 29 berarti jumlah urutannya. Itu berarti banyak bukit berada di sana dan B29 dianggap yang terbaik untuk didaki. Dalam Bahasa Jawa, situs ini disebut "Puncak Songolikur" yang berarti nomor tersebut.
Terlepas dari asal-usul penamaan tersebut, yang pasti puncak indah nan anggun ini sungguh sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang melakukan perjalanan wisata ke propinsi Jawa Timur. ah sudahlah , daripada pusing mikirin nama B29 mending pikirin tuh jodohmu mana!!hehehe
@arialansyah.photo

Destinasi ini berada di dataran tinggi dan memiliki pemandangan alam yang indah dan banyak lanskap, tumbuhan, dan bahkan hewan liar. Beberapa wisatawan bahkan menyebutnya "Negeri di atas awan". Sebagian besar pengunjung adalah mereka yang ingin menikmati matahari terbit atau terbenam.

Pemandangan di Puncak B29 ini sungguh sangat cantik. Dari atas kita bisa melihat awan yang menari-nari yang tepat berada di bawah pandangan mata. Gugusan perbukitan yang berjejer rapi seperti gunung semeru, gunung bromo, gunung batok, pasir berbisik, padang savana dan cemoro lawang seolah-olah menegaskan bahwa kita memang sedang berada di Negeri Diatas Awan.


Alamat Dan Rute Lokasi B29 Lumajang
@kikichiku__

Alamat dan rute lokasi dari puncak / bukit B29 terletak di Ds Argosari, Senduro, Sariwani, Sukapura, Lumajang, Jawa Timur. Meskipun secara geografis bukit tersebut terletak di Lumajang, namun tidak perlu melewati wilayah Lumajang.

Ada 3 buah rute jalan yang dapat membawa menuju puncak / bukit B29,yaitu Bromo, Jempang Bromo dan Lumajang itu sendiri. Ketiga jalur tersebut membutuhkan waktu selama berjam – jam.

Untuk rute dari Lumajang membutuhkan waktu selama ±2 jam. Dari pusat kota Lumajang, ambil arah yang menu lain ke Ds Argosari, Senduro. Setelah sampai di desa senduro, terdapat gerbang pintu masuk menuju ke bukit B29.

Tepat di depan gerbang, terdapat beberapa tukang ojek yang akan mengantarkan pengunjung ke puncak bukit. Tarif jasa ojek dibandrol mulai dari 50.000 IDR – 100.000. Tetapi jika pandai dalam melakukan tawar – menawar, dapat memperoleh harga yang jauh lebih murah.

Hanya sekedar tips untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke puncak bukit, terutama mobil. Sebaiknya gunakan jasa tukang ojek yang ada. Sebab kondisi jalan sangat ekstream dan terjang dengan tingkat kemiringan mencapai 70 derajat. Kondisi jalan juga penuh dengan batu – batuan gempur yang penuh dengan debu.

Untuk rute yang kedua adalah rute dari Bromo. Rute yang satu ini melalui kaki gunung Bromo. Kemudian ambil arah yang menuju ke kaki bukit B29. Setelah sampai di kaki bukit tersebut, perjalanan dapat ditempuh dengan berjalan kaki.
@aisyy_

Apabila terlalu malas untuk berjalan kaki menuju ke puncak, dapat memanfaatkan jasa tukang ojek. Jadi tidak perlu capek serta membuang tenaga hanya untuk tracking. Tracking ke puncak bukit jauh lebih melelahkan daripada berjalan kaki selama ±1 km.

Untuk rute yang terakhir adalah rute Jempang Bromo. Rute Jempang ini di tempuh dari arah gunung semeru. Dari gunung tersebut, ambil arah jalan yang menuju ke ranu pane. Kemudian ambil arah ke bukit jemplang. Dari perjalanan tersebut akan menjumpai gerbang pintu masuk bukit B29.

Setelah sampai di gerbang pintu masuk, harus melakukan tracking dengan waktu ±3,5 jam. Rute yang satu ini mungkin hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang baru saja hiking di puncak Gunung Semeru.

Dari ketiga rute tersebut, menawarkan jasa ojek menuju ke lokasi Puncak B29. Hal tersebut memang cukup aman dengan kondisi bukit yang mencapai kemiringan hingga 70 derajat. Tetapi bagi yang cukup berani, dapat menaiki motor langsung ke atas bukit. Di atas bukit pun telah disediakan fasilitas parkir yang akan menjaga keamanan motor.


Aktivitas yang Dilakukan di Tempat Ini

Melihat Sunrise
@ilfidianaa

Keistimewaan yang sangat menawan adalah keindahan sunrise yang terlihat dari puncak B29 Lumajang. Sungguh pemandangan yang luar biasa, melihat pancaran sang surya dengan lautan awan yang indah luar biasa.
Melihat keindahan Awan Tumpah B29 Lumajang

Gugusan awan bergelombang bak tumpahan susu ini begitu menakjubkan, memanjang dari bukit ke bukit, dari lembah ke lembah, Ah indahnya!! Panorama terbaik ini akan anda dapatkan pada waktu yang tepat yaitu 06.05 WIB

Melihat Matahari Terbenam
@nurullr.11

Waktu yang tepat untuk menikmati sunset biasanya pukul 17.35. pergantian hari dari siang menuju malam dengan udara dan angin yang sepoi-sepoi serta pemandangan di puncak B29 malam hari juga tidak kalah indah lo…

Berkemah
Add caption

Di puncak ini kalian juga bisa camping, banyak wisatawan membawa tenda untuk menginap semalam agar esok paginya bisa melihat matahari terbit, sebenarnya di puncak ini terdapat penginapan.

Jika kalian hanya membawa budget sedikit kalian bisa membawa tenda sendiri agar bisa meminimalisir pengeluaran / menghemat budget kalian, tetapi jika kalian menginap menggunakan tenda, kalian juga bisa merasakan dinginnya puncak B29 dan bisa melihat sekaligus keindahan pada malam hari.


Fasilitas Yang Tersedia

Di puncak ini juga terdapat fasilitas seperti warung, kamar mandi dan ojek, jadi jika kalian lapar gak perlu susah susah membawa makanan mentah dari rumah, kalian bisa beli saja di warung yang sudah di sediakan.

Di warung ini juga menyediakan makanan minuman seperti nasi, mie instant, kopi, susu, teh, wedang jahe, dan minuman lainnya yang menghangatkan badan di cuaca yang dingin. Serta terdapat juga mushola yang bisa anda gunakan untuk beribadah.


Tips Berlibur Ke Objek Wisata Puncak B29 Argosari
@loveantourtravel

Jika kamu sudah menyiapkan segala rencana untuk berkunjung ke objek wisata ini bersama dengan sahabat atau keluarga, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan dulu nih. Yang pertama adalah dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan di sekitar area objek wisata ini untuk menjaga keasriannya, jangan lupa juga untuk membawa kamera atau ponsel dalam keadaan baterai yang terisi penuh jika ingin berfoto ria ketika berada di sini.

Kamu juga dapat membawa berbagai perbekalan ataupun perlengkapan yang dibutuhkan nantinya. Karena objek wisata ini berada pada dataran tinggi, pastikan untuk selimut, jaket, ataupun alat penghangat lainnya sebab udara yang terdapat di Puncak B29 Argosari sangat dingin. Namun yang terpenting adalah jangan lupa untuk berdoa dan memohon keselamatan selama di perjalanan ataupun ketika berada di Puncak B29 Argosari.

@ulan_wulan04

Tiket Masuk & Jam Buka

Untuk tiket masuk B29 Lumajang hanya dibandrol sebesar Rp. 5.000 rupiah. Selain tiket retribusi, pengunjung juga harus mengeluarkan biaya untuk kontribusi parkir. Besarnya tarif tersebut tergantung pada jenis kendaraan yang digunakan.

Dan untuk jam operasional puncak ini selalu buka 24 jam, jadi jika kalian kesini bisa datang sesuka kalian kapanpun itu. Di kawasan ini juga ada yang menyewakan ojek bagi pengunjung yang tidak ingin jalan.



Itulah ulasan singkat mengenai objek wisata Puncak B29 Argosari, negeri di atas yang terdapat di Lumajang. Jadi apa kalian tertarik mengunjungi puncak B29 ini, tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk teman berpetualang, jadi jika kalian suka dengan wisata alam tempat ini sangat cocok untuk di kunjungi. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat menikmati liburanmu!

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar