Pantai Srau Surga Tersembunyi di Kota Pacitan

Pantai Srau Surga Tersembunyi di Kota Pacitan



Kota Pacitan adalah wilayah di Jawa timur yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat.

Kota 1001 goa ini memiliki wilayah yang langsung menghadap ke Samudera Hindia dan dipenuhi hamparan perbukitan batu kapur, jadi tak mengherankan jika Daerahnya dihuni sederet pantai menawan dari berpasir putih maupun berbatu karang tebing sisi lautan yang mempesona.

Tidak hanya menawan dari keindahan saja, namun beberapa pesisir di Pacitan juga terbilang memiliki keunikan yang menarik sebagai daya tariknya.

Salah satunya adalah Pantai Srau. Pantai ini terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Pantai Srau menawarkan keunikannya tersendiri yang tersembunyi. Berjarak kurang lebih sekitar 25 km ke arah barat Pacitan dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam perjalanan.

Karena letaknya yang tersembunyi, dibutuhkan effort untuk menuju ke sana. Namun, teman traveler tidak perlu khawatir karena sudah pasti sebanding dengan effort yang kita keluarkan ketika sampai di pantai ini. Rasa lelah terbayar sudah menjadi bahagia tak terkira.

Pantai Srau dikenal dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi dan bentuknya yang unik. Tebing-tebing tersebut mengelilingi pantai dan semakin menambah keindahan panorama pantai. Hamparan pasir putih yang halus lengkap dengan deburan ombak besar yang menggulung indah.

Seperti pada pantai lainnya di pacitan, Pantai Srau mempunyai pasir putih dan ombak yang cukup besar. Ombak besar khas pantai selatan ini dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk olahraga surfing. Pantai Srau dilengkapi dengan pemandangan terumbu karang di sekitar pantai. Objek tersebut dapat dijadikan sebagai spot foto yang baik.

Meski para pengunjungi dilarang berenang karena membahayakan, ombak yang besar ini cocok bagi teman traveler yang menyukai olahraga selancar. Pantai Srau ini recommended untuk dikunjungi.
@tyasseptiani31

Oh iya , Pantai Srau ini juga menyimpan cerita mistis dan legenda setempat. Di sisi barat Pantai Srau, ada sumber air dan bekas penginapan yang disebut angker oleh penduduk setempat. Menurut cerita penduduk lokal, sebenarnya itu nggak seluruh lokasi Pantai Srau itu angker. Namun hanya sisi barat yang ada mata air dan penginapan tua yang angker.

Pada sumber air di sisi barat pantai itu, jarang ada penduduk yang berani ambil air hingga malam hari. Karena sumber air ini dianggap angker. Tidak jauh dari sumber air juga ada penginapan yang telah lama ditinggalkan.

Konon pernah ada bule yang bangun penginapan di situ. Namun penginapan tersebut ditutup oleh sang pemilik. Hal ini karena pemilik dan orang-orang yang menginap diteror oleh penampakan penampakan. Ada dugaand ari masyarakat lokal kalau penampakan itu ada hubungan dengan sumber air angker yang berdekatan.

Jadi sebaiknya tetap jaga sikap selama berada di pantai ini. Jangan melakukan hal-hal yang tidak baik di sekitar pantai.

DAYA TARIK Pantai Srau


Banyak Pepohonan Kelapa.
mimin_monn

Hal utama yang menjadi daya tarik dari objek pantai ini ialah adanya pohon kelapa yang menghiasi kawasan ini, mulai di ruas jalan menuju hingga di tepian.

Kondisi alam yang cukup menarik tersebut sering membuat para pengunjung lebih berlama-lama di ditempat ini dan tak jarang dari mereka yang mengabadikan moment liburan dengan berfoto, terlebih saat sunset atau sunrise mulai menebar cahaya emasnya.

Spot Sunset Dan Spot Foto yang Instagramable
@krisnayudh

Satu hal paling spesial dari Srau adalah Teman Traveler bisa menyaksikan panorama sunset indah dari bibir pantai. Meskipun ombak di wisata Pacitan ini lebih ganas, keelokan alam yang ditawarkan benar-benar unik dan tidak dimiliki spot lain.

Pasir Putih yang Bersih.
@niatrianaputri

Pantai dengan wajah berpasir adalah salah satu area yang harus ada jika liburan yang kita cari adalah keseruan, mulai bermain pasir, olahraga voly maupun bermandian di tepi pantai.

Tebing Bebatuan dan Gugusan Pulau.
@diana_jcb

Selain hamparan pasir tepi laut yang luas, wisatawan juga di hadirkan beragam bentuk batu karang yang menawan rupanya.

Mulai dari bukit yang bolong bawahnya, karang bibir pantai hingga pesona gugusan pulau tengah laut adalah aroma yang mampu memanjakan mata.

Dan tentunya beberapa sudut batuan tersebut lebih lengkap dinikmati sebagai ajang beradu pose lewat jepretan kamera bareng pasangan maupun keluarga.

Berselancar.
Keadaan pantai yang berada di tepi samudera hindia, membuat ombak yang dimiliki pesisir ini cukup liar, meski cukup besar tetapi jenisnya tidak mendorong dan pecah sebelum ketepian.

Hal tersebut yang membuat pantai ini sering dijadikan alternatif bagi para pecinta olehraga surfing untuk menantang ombak khususnya para turis asing.
@arinjania_


Olahraga Diving.
Menyelami bawah laut dengan harapan mendapat pemandangan terumbu karang mengagumkan adalah aktivitas yang sering dilakukan sebagian orang.

Nah, di Pantai Srau Pacitan ini pengunjung juga bisa melakukan kegiatan diving tersebut, karena pantai ini terkenal sangat kaya akan pesona biota lautnya.

Bercamping.
Meski memiliki cerita mistis dari sebuah penginapan, nyatanya objek wisata Pantai Srau juga sering dijadikan lokasi bercamping mendirikan tenda beberapa pengunjung.

Dan hal tersebut terbukti kondusif asal kita bisa menjaga sikap maupun menjauhi kawasan sumber air tawar tersebut dan tentunya izin ke pengelola.


Fasilitas di Pantai Srau


Fasilitas di pantai ini terbilang lengkap seperti pada umumnya di objek wisata pantai. Ada toilet serta penjual makanan dan minuman yang berjajar di area pantai. Selain itu ada juga tempat berteduh yang cozy dan halaman parkir yang luas.

Di sini sudah tersedia penginapan atau bisa juga ikut menginap di perumahan warga. Tiap-tiap warung yang ada di pinggir pantai sudah bisa memenuhi kebutuhan kuliner para wisatawan.

@rhesarhesoll_


LOKASI ATAU ALAMAT


Terletak di Kawasan Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. atau berjarak sekitar 22 kilometer dari Pacitan Kota.


RUTE MENUJU LOKASI


Menyambangi wisata alam yang satu ini sangatlah mudah, bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi motor maupun mobil dan memulainya dari pusat kota pacitan lalu melaju ke barat daya dan selatan melewati Jl. Letjen Soeprapto dan berlanjut di Jl. Raya Tompak Rinjing arah ke Jalan Dadapan Watu Karung.

Lurus terus mengikuti Jl. Dadapan Watu Karung kurang lebih 10 kilometer kamu akan bertemu Desa Candi, dari situ tinggal 500 meter saja dan bisa bertanya ke warga tersebut karena kamu bakal melintasi jalanan persawahan.


TIKET MASUK


Untuk menikmati keindahan Pantai Srau di Pacitan ini, pengelola hanya mematok biaya Rp. 5.000,- saja perorang. (harga bisa berubah sewaktu waktu)
@_feneshahoma

Tips Mengunjungi Pantai Srau


Saat mengunjungi pantai Srau ada beberapa hal ringan yang sebaiknya diingat. Agar wisata menyenangkan tidak terganggu oleh hal-hal kecil. Hal-hal yang sebenarnya dapat diantisipasi dengan mudah sejak awal.

  • Bawa topi dan Sunblock.
  • Bawa camilan dan minuman
  • Bawa kacamata hitam
  • Jangan pakai Sepatu Kets, cukup pakai sandal.
  • Jangan pakai pakaian berwarna gelap, apalagi hitam.
  • Bawa kotak P3K. Terutama jika memutuskan untuk caping.
  • Bawa Waterproof Case untuk HP.
  • Bawa Power Bank.


Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Srau di Kota Pacitan, destinasi yang tawarkan sensasi alam lengkap dalam satu lokasi. Teman Traveler bisa menikmati panorama sunrise, sunset, sekaligus pantai karang eksotis. Sedikit catatan, harap ekstra hati-hati selama berada di sini. Ada banyak batu karang tajam nan berbahaya. Selain itu, kedatangan ombak juga kadang cukup mengagetkan.


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar