Niagara ala Indonesia, Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang

Niagara ala Indonesia, Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang

pic by @lokafy

Pulau Jawa itu banyak gunung-gunung dan juga air terjun. Nggak kaget lagi kalo para generasi millennial gencar buat hunting ke Grojogan/Curug/Coban/Air Terjun. Bahas soal Air Terjun, di ujung timur pulau Jawa sedang hits dengan kemegahan air terjun yang bikin tercengang-cengang. Destinasi ini adalah Air Terjun Tumpak Sewu.

Wisata air terjun Tumpak Sewu Lumajang memiliki pemandangan yang cukup unik. Keunikan ini terletak pada air yang mengair dari atas tebing dengan jumlah yang cukup banyak. Mungkin hal inilah yang mendasari tempat wisata alam ini dijuluki dengan julukan Air Terjun Tumpak Sewu, Tumpang Sewu, Coban Sewu dan juga Grojogan Sewu.

Kata “sewu” pada julukan di atas jika dalam bahasa Indonesia berarti seribu. Jika diartikan, Air Terjun Tumpak Sewu berarti air terjun dengan ribuan tingkatan. Julukan ini timbul karena banyaknya air yang mengalir di air terjun ini.

Selain itu , wisata Air Terjun ini juga menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Bagaimana tidak? Riuhnya gemuruh air yang turun dari ketinggian tebing yang diselumuti pemandangan hijau pepohonan, tentunya membuat pengunjung terbius akan keindahannya. Selain itu, lokasinya yang masih alami juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi tempat wisata ini.

Banyaknya air yang turun dari ketinggian di tempat wisata ini juga membuat keunikan tersendiri di air terjun ini. Lazimnya air terjun terdiri dari sebuah pacuran raksasa. Namun pada air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 120 meter ini memiliki pancuran yang ukurannya relatif kecil namun jumlahnya banyak.

Air Terjun Coban Sewu Atau Tumpak Sewu, Obyek wisata yang berada di kecamatan Pronojiwo ini diprediksi menjadi obyek wisata air terjun terbaik di Indonesia. Dengan karakter yang sangat berbeda dari obyek wisata air terjun yang ada di indonesia seperti Keindahan Air Terjun Madakaripura di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ataupun Air Terjun Dua Warna di Sibolangit Sumatra Utara, keindahan panorama Air Terjun Tumpak Sewu/Coban Sewu akan menjadi favorit tujuan wisata Lokal Dan Wisata Asing karena Destinasi Baru Yang berada di lumajang ini sangatlah Fenomenal dan Mengejutkan Semua Traveler Indonesia.

pic via iwannugroho

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air terjun indah ini berada di wilayah Lumajang bagian barat yang berbatasan dengan Kabupaten Malang yang juga memiliki aneka wisata alam yang memukau. Lebih tepatnya, alamat wisata alam air terjun ini berada di Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 65183.
pic by @maggiejmi


Bagi anda yang Ingin mengunjungi Air Terjun Coban Sewu Lumajang cukup Gampang, jika anda dari arah Malang akan melewati Piket Nol dan ketika sampai di desa pronojiwo lumajang perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut ada gang turun pada kiri jalan jika kita dari arah Lumajang. Kemudian kita lurus saja sampai sungai, lalu motor diletakkan di gubuk penambang pasir. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 200 meter, baru setelah itu kita akan menemukan air terjun ini.


Tiket Wisata Coban Sewu

Nah biaya wisata air terjun ini memiliki biaya tiket masuk yang perlu dibayarkan setiap pengunjungnya, tiket masuk wisata Tumpak Sewu sebesar Rp. 10.000 per orang. Tiket masuk wisata tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan pribadi kisaran antara Rp. 2.000 motor sedangkan mobil Rp. 5.000. (harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu)


Tips Menuju Air Terjun Coban Sewu Lumajang

Untuk menikmati Pesona Air Terjun Coban Sewu tentunya kita membutuhkan persiapan yang matang dan yang perlu kita perhatikan adalah, bahwasannya Coban Sewu sangat berbeda dengan wisata air terjun lainnya, karena . Kita harus menyusuri sungai, naik turun tebing licin yang penuh lumut. tentu kita harus ekstra kuat dan hati-hati.

pic by @niff_305

Air Terjun ini bisa tergolong wisata ekstrim yang identik dengan petualangan atau Advennture. Dan yang perlu kamu persiapkan sebelum ke air terjun ini adalah jangan lupa membawa sendal atau sepatu outdoor karena jalannya naik turun tebing-tebing yang curam serta medan batuan cadas yang berlumut dan amat licin, dan jangan lupa memakai jasa guide untuk memandu menuju ke lokasi air terjun, karna jalannya sulit diprediksi.

Dan juga jangan lupa untuk menyimpan / mengamankan alat elektronik dengan tas plastik atau alat yang tidak dapat di tembus oleh air, karena kita menyusuri sungai pegunungan, tentu desiran angin kencang membawa butiran-butiran air terjun yang menerpa dan membasahi kita, dan jika tour kita berjumlah besar atau berupa Tour Group, maka membawa tali akan sangat membantu untuk naik turun tebing, dikarenakan untuk menuju ke Tumpak Sewu ini membutuhkan waktu yang lama.

Tidak lupa membawa makanan , minuman dan yang harus lebih kita perhatikan adalah pastikan sebelum kamu kesana untuk melihat cuaca, karena tidak mungkinkan jika cuaca lagi mendung dan hujan ketika kita berada disana.
pic by @valeriebasuki

Pengorbanan dan perjalanan kita tidak akan sia-sia, karena jika sudah sampai kita akan disuguhi pemandangan yang begitu eksotis. Kejernihan airnya dan tempat yang masih terjaga keasriaannya. Air terjun ini sangatlah cocok untuk mereka yang hobi dengan fotografi dan petualangan.

Makanya jangan lupa jika ke Lumajang mampir ke tempat ini, dijamin gak bakalan rugi. Dan perlu diingat TETAP JAGA ALAM , LINGKUNGAN DAN KESEHATAN :)


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar