5 Makanan Ini Dipercaya Dapat Mencegah Penyakit Jantung -->

5 Makanan Ini Dipercaya Dapat Mencegah Penyakit Jantung

5 Makanan Ini Dipercaya Dapat Mencegah Penyakit Jantung


Jantung merupakan sebuah rongga organ pokok di dalam tubuh yang mengendalikan peredaran tubuh di dalam tubuh. Organ tubuh yang satu ini sangat berperan dalam sistem peredaran darah. Apabila jantung mengalami masalah, maka tubuh juga akan mengalami masalah. Tak sedikit orang meninggal karena penyakit yang menyerang jantung.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penyakit jantung disebut sebagai penyebab kematian nomor dua di Indonesia setelah stroke.

Dikutip Healthline, pola makan mempunyai peran besar dalam kesehatan jantung dan dapat mempengaruhi resiko penyakit jantung. Bahkan ada juga beberapa makanan dengan kandungan nutrisi khusus yang dapat membantu mencegah timbulnya penyakit jantung.

Untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan jantungmu, cobalah untuk memasukan deretan makanan ini ke dalam menu harianmu :

1. Tomat 

5 Makanan Ini Dipercaya Dapat Mencegah Penyakit Jantung


Tomat kaya akan likopen, yaitu sebuah pigmen merah pada tumbuhan dengan komponen antioksidan yang besar. Antioksidan ini dapat menolong menetralisir ancaman radikal bebas, serta menghindari kehancuran oksidatif dan inflamasi. Kedua hal ini lah yang meningkatkan resiko resiko serangan jantung dan stroke pada seseorang.

Bukan itu saja, tomat juga dapat meningkatkan kandungan kolesterol bagus, yang akan mensterilkan kolesterol berlebih serta plak pada pembuluh darah. Konsumsi buah berwarna merah ini secara teratur akan membantu seseorang terhindar dari penyakit jantung.


2. Gandum utuh 

5 Makanan Ini Dipercaya Dapat Mencegah Penyakit Jantung


Dibanding dengan tipe gandum rafinasi, gandum utuh mengandung lebih banyak akan serat. Isi seratnya yang besar ini dapat mengurangi kolesterol jahat, serta kurangi resiko timbulnya penyakit jantung. Terlebih lagi, sebuah riset di tahun 2016 yang diterbitkan dalam harian BMJ melaporkan konsumsi 3 porsi ataupun lebih gandum utuh secara teratur bisa mengurangi resiko penyakit jantung sampai 22 persen.

Tak hanya itu, serat larut yang terkandung di dalam gandum utuh juga dapat membantu menurunkan kolesterol “jahat” di dalam tubuh, yaitu LDL dan juga trigliserida.


3. Kale 

5 Makanan Ini Dipercaya Dapat Mencegah Penyakit Jantung


Kale adalah jenis sayuran yang berdaun hijau yang tergolong dalam keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol, dan sawi. Sayuran ini kaya akan kandungan vitamin K yang berkhasiat mencegah pembuluh darah serta menghindari pengerasan darah. 

Tidak hanya itu saja, sayuran ini juga kaya akan nitrat yang sudah teruji kurangi tekanan darah, merilekskan nadi yang kaku, dan meningkatkan fungsi sel-sel pelapis pembuluh darah dan bahkan disebut-sebut dapat menghambat pertumbuhan kanker pada kanker payudara.

Suatu riset pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam harian JRSM Cardiovascular Disease membuktikan, bahwa konsumsi sayuran hijau ini secara teratur dapat merendahkan gejala penyakit jantung sebesar 16 persen.


4. Minyak zaitun 

5 Makanan Ini Dipercaya Dapat Mencegah Penyakit Jantung


Sudah bukan jadi rahasia lagi jika makanan bahan utama dalam diet Mediterania ini mempunyai khasiat menakjubkan untuk jantung. Di dalam minyak zaitun, tercantum antioksidan yang dapat melenyapkan inflamasi serta mengurangi resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Minyak zaitun juga kaya akan asam lemak tidak jenuh tunggal, dan banyak peneliti yang sudah mengaitkannya dengan peningkatan kesehatan jantung. Kenyataannya, konsumsi minyak zaitun dapat kurangi resiko sakit jantung sampai 35 persen.

Lebih lanjut, konsumsi lebih banyak minyak zaitun juga berhubungan dalam mengurangi resiko kematian yang diakibatkan sakit jantung sampai 48 persen.


5. Dark chocolate 

Makanan Ini Dipercaya Dapat Mencegah Penyakit Jantung


Tidak hanya nikmat, cokelat juga berkhasiat melawan penyakit jantung, loh! Kandungan antioksidan dalam dark chocolate sangat banyak, serta dapat menolong menambah kesehatan jantung.

Yang menarik sebagian riset juga mengungkap jika konsumsi cokelat bisa mengurangi resiko timbulnya penyakit jantung.

Suatu riset dalam jurnal Clinical Edition, misalnya, menemukan jika makan cokelat paling tidak 2 kali sepekan, dapat turunkan resiko jantung koroner sebesar 57 persen.

Sebagai catatan, selalu pilih dark chocolate dengan kandungan kakao minimal 70 persen. Serta konsumsi juga dengan batasan yang tepat untuk memperoleh efeknya dengan cara maksimum.

Itulah makanan yang Dapat Mencegah Penyakit Jantung , Jaga kesehatan jantungmu ya.. :)

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca 5 Makanan Ini Dipercaya Dapat Mencegah Penyakit Jantung , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan