Wisata Sungai Maron , Sungai Amazonnya Pacitan


Mengenal nama Kota Pacitan mungkin sudah tidak asing lagi. Pacitan adalah sebuah Kabupaten yang terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Dengan julukannya sebagai kota 1001 Goa. Kabupaten Pacitan secara Geografis terletak dibagian Utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, dibagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek, sedangkan dibagian Selatan Pacitan adalah Samudra Hindia dan dibagian barat berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) dan hal ini juga sekaligus sebagai batas Provinsi antara Provinsi Jawa timur dan Provinsi Jawa Tengah.

@_diahpertiwi

Jika Anda punya rencana liburan ke Pacitan, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini Pacitan terkenal dengan pantainya, namun ternyata Kabupaten ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, salah satunya Sungai Maron Pacitan.

Sungai Maron pertama kali dikenal pada tahun 2014 silam, hal ini karena Sungai Maron masuk dalam salah satu acara televisi yaitu “Hello Paradise” dan telah ditayangkan di Trans 7.

@loveantourtravel

Sungai Maron Pacitan adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Pacitan yang memiliki panorama indah dan unik, Anda akan menyusuri sungai yang memiliki air yang cukup jernih. Aliran Sungai maron ini di kelilingi dengan pepohonan kelapa di sepanjang tepian sungai. Dengan kejernihan air di sungai Maron ini sudah lama di manfaatkan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari.

@nirawartini

Keindahan Sungai Maron tak perlu diragukan kembali bila membahas potensi pesona alam. Disini pengunjung disajikan tampilan pemandangan menakjubkan, ketika menyusuri sungai Maron Pringkuku Pacitan, di sebelah kanan dan kiri deretan pohon kelapa rindang. Air sungai berwarna hijau disebabkan defleksi cahaya dari warna pepohonan rindang sekitar.

Karena pesona sungai Maron Jawa Timur, hingga sungai ini memiliki julukan baru yaitu Green Caynon Pacitan. Semua itu beralasan karena suasana sekitar yang hijau menyejukkan. Tak jarang pula para pengunjung menyebut sungai Maron dengan panggilan “Maron The Indonesia Amazon”, sebab ketika menikmati sungai Maron akan merasakan jiwa petualang yang meluap-luap agar menyusuri seluruh bagian sungai.

@get_regrann

Yang paling menonjol dari Sungai Maron adalah airnya yang berwarna agak kehijauan, namun bukan berarti airnya kotor. Justru masih bersih dan alami.

Lingkungan sekitarnya juga dipenuhi dengan pemandangan, terutama di sisi sungai yang banyak ditumbuhi pohon kelapa, tanaman sungai, bahkan ada biawak kecil yang berenang.

@rafirss

Menikmati panorama alam sungai Maron di Pacitan tidaklah lengkap, jika hanya menyusuri tepian sungai. Maka sebaiknya menyusuri secara langsung sungai Maron, bila kalian ingin menikmati keindahan alam wisata sungai Pacitan secara lengkap.

Dengan cara itulah pengunjung bisa menikmati keindahan tempat wisata Pacitan ini, gunakan perahu yang disewa dari warga desa Pringkuku. Ketika menyewa sebuah perahu, wisatawan akan dipandu oleh pemilik perahu sekaligus ia yang akan mengemudikan serta mengantarkan perjalanan susur sungai hingga sampai. Perahu kecil yang digunakan untuk susur sungai tersebut cukup untuk menampung hingga 6 orang.

@loveantourtravel

Tak hanya menyewakan perahu saja, warga setempat menyediakan berbagai fasilitas sungai Maron seperti warung makan, toilet umum, parkir dan peralatan pendukung wisata lainnya.

Ongkos sewa perahu sungai Maron Pringkuku Pacitan tergantung kondisi perahu yang disediakan warga, kisaran sewa perahu antara Rp. 100.000 hingga Rp 150.000, dalam satu perahu bisa menampung 6 hingga 7 orang. Jika kawan ingin menyewa perahu memiliki sandaran punggung, jadi biaya sewa meningkat menjadi Rp. 155.000. Total biaya sewa sudah termasuk sewa pengemudi kapal sekaligus menjadi pemandu wisata. Untuk Tiket Masuk Sungai Maron , Rp. 2000/orang Note: Harga dapat berubah sewaktu waktu

@loveantourtravel

Sungai Maron Pacitan memiliki panjang sekitar 4,5 kilometer, durasi perjalanan menggunakan kapal dan beristirahat kurang lebih 45 menit hingga satu jam. Kedalaman sungai Maron kurang lebih 20 meter. kawan wajib berhati-hati bila berenang disana, walaupun sudah menggunakan pelampung, arus sungai Maron Pacitan cukup deras.

Di Sungai Maron Pacitan selalu diadakan event rutin setiap tahunnya, yaitu lomba dayung. Event lomba dayung ini pertama kali diadakan pada tahun 2012. Lomba dayung ini dilakukan di sepanjang sungai, dan berakhir di muara pantai Ngiroboyo, pantai yang ramai dengan aktivitas Water Tubing dan Surfing.

Terdapat kegiatan menarik lain yang dapat dilakukan ketika berwisata di sungai Maron Pacitan ini, yaitu melakukan aktivitas memancing ikan, pasalnya memiliki beberapa spot memancing terbaik bagi teman-teman menyukai hobi memancing.

Tak heran jika setiap hari banyak orang melakukan kegiatan memancing di sungai Pacitan setiap hari, karena di sungai ini memiliki banyak sekali jenis ikan. Diantaranya jenis ikan Bawal, ikan nila, ikan sidat dan masih banyak jenis ikan lainnya, sebab sungai itu merupakan pertemuan dari dua jenis air tawar dan air laut.

Lokasi Sungai Maron Pacitan

@fandacfl

Sungai ini cukup dekat dengan lokasi Pantai Klayar, tepatnya berada di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jadi ketika anda berkunjung ke sungai ini, anda juga dapat sekalian berlibur ke pantai Klayar.

Dari pusat kota Pacitan, mungkin kurang lebih jaraknya sekitar 40 kilometer dari patokan alun-alun Pacitan, sedangkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih satu jam melalui jalur darat. Apabila anda datang dari kota Solo jaraknya sekitar 100 kilometer dan memerlukan waktu tempuh sekitar tiga jam.

Jika masih bingung dengan Lokasi Sungai Maron , kamu juga bisa menggunakan Google Maps, karena lokasi wisata ini sudah ada di Google Maps.

@niluh_anggita30

Sungai Amazonnya Pacitan ini layak untuk dikunjungi dan menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur. Dengan keindahan alam yang masih alami membuat pesona Sungai Maron ini tidak diragukan lagi.

Bagaimana anda tertarik untuk menyusuri “Maron The Indonesia Amazon”nya Pacitan. Selamat menikmati liburan :)

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar