Sekarang Kodak Alih Fungsi Jadi Produsen Obat, Ini Alasannya!


Kehadiran pandemi virus corona membawa banyak perubahan, baik dalam tatanan kehidupan manusia dan peralihan fungsi sebuah perusahaan.

Lebih dikenal dengan produsen kamera, perusahaan Kodak harus banting setir dan beralih fungsi menjadi produsen obat. Dalam proses peralihannya, mereka telah mendapatkan pinjaman sebesar USD 765 juta atau sekitar Rp 11,2 triliun dari pemerintah Amerika Serikat.

Saat obat lebih penting daripada kamera, Kodak pun beralih fungsi

Sebelum beralih menjadi produsen obat, perusahaan Kodak sempat mendominasi industri fotografi yang inovatif dari Amerika. Sampai saat ini, produk Kodak juga masih terkenal dengan gaya kamera analog yang banyak digemari.

Ketika beralih menjadi produsen obat, mereka akan membuat bahan-bahan yang digunakan dalam obat-obatan generik untuk membantu melawan virus corona.

Saat mendapatkan pinjaman uang, pemerintah Amerika Serikat sebenarnya ingin mengurangi ketergantungan pada negara asing untuk mendapatkan suplai medis. Jadi mereka ingin memberikan produk obat organik bagi warganya.

Sejak pengumuman tersebut dirilis, harga saham Kodak sendiri ikut melonjak lebih dari 60% sejak hari Selasa, 28 Juli 2020.

“Kodak bangga menjadi bagian dari penguatan kemandirian Amerika dalam memproduksi bahan-bahan obat penting yang kita butuhkan untuk menjaga warga kita tetap aman,” kata Kepala Eksekutif Kodak, Jim Continenza.

Tentang Perjalanan Kodak


Eastman Kodak Company didirikan oleh George Eastman pada 1888.
Brownie merupakan salah satu produk kameranya yang paling populer dan membantu Kodak mendominasi industri fotografi.

Perusahaan menjadi terkenal dengan slogan “Kodak moment” namun mulai mengalami kesulitan finansial pada akhir 1990-an ketika teknologi berkembang dan konsumen beralih dari fotografi film ke fotografi digital.

Pada puncak kejayaannya, Kodak mempekerjakan lebih dari 145.000 orang tapi sekarang hanya memiliki sekitar 5000 pegawai di seluruh dunia.
Pada 2012, Kodak mengajukan permohonan pailit di AS dan mengalihkan fokusnya pada percetakan dan jasa profesional untuk perusahaan. Namun mereka masih membuat kamera digital dan kamera instan untuk konsumen.

Kodak mulai membuat bahan-bahan obat empat tahun lalu dan sekarang akan meningkatkan produksinya secara besar-besaran di fasilitasnya di New York dan Minnesota.


Kini nama mereka menjadi Kodak Pharmaceuticals. Rupanya, Kodak bukan satu-satunya perusahaan fotografi yang beralih fungsi menjadi produsen obat-obatan. Sebelumnya perusahaan Jepang, Fuji Film juga sedang menggarap vaksin Covid-19 dan berusaha untuk bisa segera mulai uji cobanya pada manusia.

ref : hai.grid

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar