Rekomendasi Tempat Wisata Negeri di Atas Awan Yang Ada di Jogja



12 Rekomendasi Wisata Ketinggian di Jogja, Tawarkan Keindahan Bak Negeri di Atas Awan

Jogja, sebuah kota yang menyimpan banyak keindahan. Terbukti dari banyaknya wisata yang selalu diupdate di kota pelajar ini. Jogja terkenal akan wisata pantainya yang indah nan eksotis. Tapi kini, ada wisata alam baru di Jogja yang menawarkan keindahan bak negeri di atas awan. Karena tempat wisata ini berada di ketinggian, sehingga pemandangan hijau cantik nan luas diselimuti kabut putih terlebih di pagi hari.

Dan berikut ini 12 Rekomendasi Wisata Ketinggian di Jogja, Tawarkan Keindahan Bak Negeri di Atas Awan :

  1.  Bukit Panguk Kediwung
  2.  Gardu Pandang Pinus Asri
  3.  Jurang Tembelan Kanigoro
  4.  Bukit Isis Kulon Progo
  5.  Kebun Buah Mangunan
  6.  Puncak Becici
  7.  Bukit Lintang Sewu
  8.  Watu Amben
  9.  Gunung Ireng
  10.  Spot Riyadi
  11.  Tebing Watu Mabur
  12.  Pinus Pengger

Tempat-tempat ini cocok banget buat traveling bareng teman, sahabat, keluarga atau sama selingkuhan. Buat yang suka sepedaan nih.. Kayaknya beberapa tempat ini juga harus masuk daftar gowes kamu..!! Yuk simak beberapa tempat wisata bak negeri di atas awan rekomendasi!


1. Bukit Panguk Kediwung


@andhy182

Berada di daerah Bantul, Bukit Panguk Kediwung ini memberikan suguhan pemandangan alam cantik nan indah dengan kabut putihnya bak negeri diatas awan.

@badrikaaa

Hawa sejuk dan sunrise cantik pun akan menemani pagimu. Keindahan matahari terbit yang tersaji dari Bukit Panguk semakin sempurna dengan adanya fasilitas beberapa spot foto unik. Karena memang Instagramable, maka pada hari-hari libur sampai harus antri untuk sekedar selfi di spot tersebut.

@lidwinalidwina57

Alamat Bukit Panguk Kediwung : Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta



2. Gardu Pandang Pinus Asri

@ayudhyapratna.pd

Berada di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem, Gardu Pandang Pinus Asri ini melengkapi keindahan alam di kawasan hutan pinus.

Dari Gardu Pandang ini tentunya kamu bisa menikmati panorama alam yang sungguh indah. Kamu juga bisa berfoto dengan background dataran rendah Imogiri dan hutan.

@annisa2312

Alamat Gardu Pandang Pinus Asri : Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : Setiap Hari 06.00 – 17.00 WIB

@nickenasari_


3. Jurang Tembelan Kanigoro


@mita_oci

Tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang sedang hits. Dengan suguhan yang sama yaitu pemandangan alam hijau yang diselimuti kabut di pagi hari, namun tak membosankan.

Banyak wisatawan yang berdatangan untuk mengabadikan moment dan memotret matahari terbit.

@hamidanm

Pemandangan yang ada di kawasan ini mirip dengan pemandangan di Puncak mangunan karena lokasinya hanya berdekatan.

Keindahan dari Jurang Tembelan terletak di gardu pandangnya. Dari gardu pandang ini, para pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang hijaunya pemandangan alam. Tempat wisata ini sudah dibangun spot – spot untuk berfoto.

@loveantourtravel

Spot – spot foto ini memiliki bentuk yang beragam. Spot foto yang menjadi paling difavoritkan oleh para pengunjung adalah spot foto yang berbentuk Perahu Raksasa dan juga spot foto inilah yang mengangkat nama Jurang Tembelan menjadi menjadi sangat populer.

@mabelwsc

Alamat Jurang Tembelan Kanigoro : Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 24 Jam


4. Bukit Isis Kulon Progo

@puput_shelfyana

Bukit Isis Kulon Progo kini menjadi destinasi favorit para wisatawan. Dengan tawaran pemandangan bak negeri diatas awan, membuat para wisatawan berdatangan. Dengan HTM Rp 3 ribu, kamu sudah bisa menikmati sensasi udara sejuk pagi khas pegunungan dan juga menikmati pemandangan hamparan kebun teh dan hijaunya pepohonan yang ada di sepanjang pegunungan menoreh.

@evidama_yn

Dinamakan sebagai Bukit Isis karena memang berarti angin sepoi – sepoi dan hawa yang segar (jawa isis = ngisis = segar = sejuk).

Dari atas Bukit Isis ini Anda akan disuguhkan hamparan hijaunya alam Kulon Progo, gagahnya beberapa gunung, seperti Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan Gunung Merbabu serta sejuknya semilir angin yang menyentuh kalbu.

@siswanti_kcll

Bukit Isis ini menawarkan beberapa spot yang menarik yang cocok bagi Anda yang suka narsis, seperti tebing, taman, rumah pohon dan papan yang menjorok ke tebing. Tentu saja papan tersebut adalah spot foto yang sangat menarik bagi wisatawan, bagaimana tidak? Papan tersebut menawarkan keindahan yang nyata akan indahnya perbukitan Kulon Progo dipadukan dengan jajaran Gunung yang menjulang menembus awan.


Alamat Bukit Isis Kulon Progo : Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

@yashintawidyaa_

Jam Buka : Setiap Hari 06.00 – 17.30 WIB



5. Kebun Buah Mangunan



@fatmayiayulestarii

Daerah Bantul memang terkenal dengan wisata alamnya yang berada di ketinggian. Salah satunya yang paling seru adalah ke Kebun Buah Mangunan.

Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan sunrise yang indah dan jika beruntung kamu bisa menyaksikan view kabut yang akan membuat kamu serasa berada di atas awan.

@wijaya_rakhmat

Tak heran jika tempat ini juga kerap disebut sebagai Negeri di Atas Awan. Bahkan kamu juga bisa melihat sungai yang mengalir dengan anggunnya di bawah tempat ini. Menariknya lagi ada banyak spot yang menarik dan instagramable di sini.

@niasundary

Kebun Buah Mangunan ini dibangun di atas lahan seluas 23,3415 ha dengan ketinggian 150 mdpl – 200 mdpl. Kebayang kan bagaimana sejuknya udara di kebun buah satu ini?


@smsbanking

Bukan hanya itu saja, di Kebun Buah Mangunan Jogja ini kamu bisa sekalian belajar soal tumbuh-tumbuhan secara langsung, karena konon katanya tanaman yang ada di sini terdiri dari 1500 pohon durian, 950 pohon mangga, 220 pohon jeruk, 300 pohon jambu air dan 200 aneka tanaman buah yang lainnya.

Alamat Kebun Buah Mangunan : Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : Setiap Hari 05.00 – 18.00 WIB


6. Puncak Becici

@elsahostriana__

Tempat ini menyajikan senja yang indah nan romantis dengan latar belakang Gunung Merbabu, Gunung Merapi, keindahan pantai selatan, hingga bagian utara Candi Prambanan. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, duduk berdua bersama pasangan menikmati sunset, berada di gardu pandang, bermain ayunan, hunting foto, hammocking, dan camping.

@gregorious.manalu

Nama Beicici berasal dari gabungan kata “ambeg’ yang mempunyai arti berdiam diri dan kata suci, dua kata tersebut merujuk pada cerita turun temurun yang dipercayai masyarakat setempat.

Cerita tersebut tentang putra pendiri Desa Muntuk yang bertapa di bukit barat hutan pinus dan kemudian dia ingin disemayamkan di bukit yang sama ketika meninggal dunia.

@apriliapineble

Para pengunjung juga dapat merasakan ketenangan ditengah-tengah hutan pinus dan juga dapat memandangi keindahan alam dari gardu pandang.

@raanirsstya_15

Yang terkenal dari Puncak Becici ini adalah panoramanya yang tak kalah indah dari Kali biru. Pengunjung dapat melihat deretan pohon hijau yang tumbuh dengan rapat dari ketinggian dengan latar belakang Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

@sucyang_

Alamat Puncak Becici : Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 24 Jam

7. Bukit Lintang Sewu

@arif_josselalu

Bukit Lintang Sewu ini tempatnya romantis banget cuy!! Tempat ini juga menyajikan suasana alam yang menyejukkan. Kerennya lagi, dari atas bukit ini akan terlihat view Jogja yang bakal memanjakan mata. coba aja, berdiri di salah satu spot di Bukit Lintang Sewu, kemudian tutup mata kamu dan hirup udara segar lalu buka mata. Waoowww.. Stress langsung hilang.

@annisahanss

Jangan lupa bersyukur karena kita diberi kesempatan untuk melihat alam yang indah dan menyenangkan. Dan jangan lupa juga berusaha untuk merawat alam yang indah ini. Yang gak kalah kerennya adalah banyak spot foto yang instagramable banget di Bukit Lintang Sewu ini. Pokoknya kalau kesini cekrek lalu upload dah!

Oh iya, tempat ini paling bagus saat pagi hari, sore hari, dan malam hari.

@_eindahs

Banyak Spot dan Gardu Pandang Untuk Memuaskan Hasrat Foto dan Menyejukkan Mata Kita.

Semua keindahan yang dijanjikan tak akan sempurna tanpa berbagai spot yang tersesia. Ya, dari gardu pandang kamu bisa menikmati pemandangan kota malam hari. Dari spot sunset kamu bisa menikmati indahnya matahari senja. Dan di berbagai spot foto kamu bisa mengabadikan momen indah yang Instagramable banget.

@rianmuhtazam

Alamat Bukit Lintang Sewu : Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Jam Buka : Setiap Hari 04.30 – 22.00 WIB
@roh_kyt


8. Watu Amben

@ekafitri26

Wisata Watu Amben Jogja ini tak hanya memiliki unsur alam namun juga unsur buatan. Sama halnya dengan bukit bintang, dari Watu Amben ini, kamu bisa menikmati pemandangan kota Jogja. Saat malam hari pun, kamu juga bisa menikmati kelap-kelip lampu kota Jogja layaknya bintang yang bertaburan di angkasa.

@selashilv

Akhirnya Watu Amben pun menjadi pilihan para anak muda untuk nongkrong asyik dengan pemandangan yang cantik serta juga bisa menikmati hidangan yang lezat. Di pagi hari suasananya juga tak kalah indahnya.

@k.zailani

Watu Amben merupakan istilah dari bahasa Jawa. Kata watu artinya batu dan Amben artinya sejenis tempat tidur. Watu ini memiliki bentuk batu yang besar dan rata menyerupai ranjang. Batu ini berada di tepi jurang yang tertanam dengan ketinggian ratusan meter.


@zufrina07
Obyek wisata Watu Amben masih tergolong tempat wisata baru dan belum terlalu banyak pengunjung, tetapi keindahan yang disuguhkan di Watu Amben sangat cocok bagi anda untuk menghilangkan capek.

Alamat Watu Amben : Jl. Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 24 Jam


9. Gunung Ireng

@zamimotre

Mau mendapatkan momen sunrise yang istimewa, datang saja ke Gunung Ireng. Kamu juga bebas mengabadikan setiap momen magisnya di sini.

@sangopati

Tak hanya surise, tapi juga sunset bisa kamu nikmati di sini. Selain itu, lanskap Gunungkidul juga nuansa alamnya yang masih asri juga bisa kamu nikmati dengan leluasa di sini. Hawa sejuk juga akan menemani wisatamu di Gunung Ireng ini. Kabut indah dipagi hari juga bisa kamu nikmati.

@masmooe_

Gunung Ireng juga identik dengan mitos yang beredar tentang awal mula pembentukan gunung ini.

Konon dalam kisah pewayangan salah satu anggota Pandawa, yaitu Raden Bratasena atau yang lebih dikenal dengan Bima memiliki karakter yang mudah marah.

Ketika melihat kawanan monyet nakal yang bermain di atas Gunung Merapi, Bima merasa terganggu dan marah. Lalu ia menendang kawanan monyet tersebut dengan kekuatannya.

Namun sayangnya tendangan Bima yang super kuat meleset sehingga mengenai batuan besar di puncak Gunung Merapi.

Akibatnya batuan dari puncak Gunung Merapi melesat jauh ke segala penjuru arah, dan salah satunya ke wilayah Srumbung yang akhirnya bertumpuk-tumpuk membentuk susunan batuan hitam yang saat ini dikenal dengan sebutan Gunung Ireng.

@citra_hernadi

Terlepas dari kisah legenda dan mitos yang ada, Gunung Ireng menyimpan potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.
@raraskartikaa


Alamat Gunung Ireng : Ngrancahan, Pengkok, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 24 Jam


10. Spot Riyadi

@dhesy_aninda13


Menampilkan view yang sangat indah, karena tempat ini berada di bukit yang sangat pas jika dikunjungi pagi dan sore hari. Di sini kamu bisa ngopi, ngeteh atau mencoba makanan berat yang disediakan di warung di Spot Riyadi. Jika cuaca mendukung kamu juga menyaksikan gagahnya gunung merapi.

Spot Riyadi sejatinya adalah sebuah halaman rumah warga yang bernama Bapak Riyadi, maka dari itu untuk memudahkan menamai destinasi wisata baru ini dinamailah Spot Riyadi sesuai dengan empunya halaman rumah tersebut.

@novemlawalata

Awalnya hanya beberapa orang saja yng mengunjungi tempat ini dari kalangan fotografer dan pesepeda saja beberapa tidak sengaja lewat atau hanya iseng untuk menelusuri jalan sekitar, seiring berjalannya waktu dan tersebarnya foto-foto Spot Riyadi di sosial media maka semakin bertambah pula wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan pemandangan sekitar yang dapat di lihat dari Spot Riyadi.

@pelitaeka.y

Alamat Spot Riyadi : Jl. Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Prambanan Dawang Sari, Dowang Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : Setiap Hari 05.00 – 23.00 WIB



11. Tebing Watu Mabur

@gunawanw95

Wiihhh dari namanya udah unik ya.. Tebing Watu Mabur! Ketika kamu ke tempat ini, kamu akan terpana dengan view yang mempesona.

Kabut tebal yang masih dominan, adalah suguhan dari wisata Tebing Watu Mabur ini. Selain itu, hamparan sawah yang luas juga akan terlihat cantik dari tempat ini. Suasan yang asri juga akan menghiasi tempat ini. Dan pastinya ada banyak spot foto yang instagramable banget dan bebas biaya tiket masuk.

@_tiaraputrii

Mengunjungi Tebing Watu Mabur tidak lengkap jika tidak mencoba beberapa spot fotonya yang sekarang sangat hits.

@istha_chalistha

Spot foto yang paling terkenal ialah jalan raya / landasan pacu yang ujungnya tepat menghadap jurang. Sehingga ketika anda foto di tempat ini seperti sedang berada di jalan yang tidak berujung.

@istha_chalistha

Alamat Tebing Watu Mabur : Lemahbang RT28, Lembah Bang, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka : 24 Jam


12. Pinus Pengger

@dina_laylla21

Hutan Pinus Pengger ini merupakan tempat wisata di Bantul, Jogja yang kini banyak sekali pengunjungnya. Dari Hutan Pinus ini view Jogja juga dapat terlihat lhoo dan disini juga akan merasakan kesejukan alam bebasnya.

@nitaanitull

Yang sedang mencari spot selfie yang instagramable banget, Hutan Pinus Pengger adalah tempat yang tepat. Ada banyak spot menarik disana.

Saat pagi hari, kabut yang menyelimuti pemandangan hijau pun membuat seperti berada di atas awan. Saat malam hari, view Jogja akan berubah seperti bintang-bintang di langit.

@aniipuji01

Hutan Pinus Pengger ini adalah efek positif atas keberhasilan pendahulunya yaitu Hutan Pinus Asri yang juga berada dalam satu kawasan di daerah Dlingo Bantul Yogyakarta, kreativitas masyarakat sekitar mengembangkan Hutan Pinus Pengger menjadi destinasi wisata pun berbuah manis, pengelola pun menyadari harus terdapat pembeda antara hutan pinus satu dengan lainnya agar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

@megoanicca

Pembeda tersebut adalah dipasangnya berbagai instalasi seni beragam bentuk yang dibuat menggunakan ranting pohon yang sudah kering, yang paling iconic adalah instalasi seni berupa tangan raksasa berlatarkan pemandangan indah panorama Kota Yogyakarta yang sekaligus menjadi spot untuk berfoto bagi wisatawan yang berkunjung di Hutan Pinus Pengger.

@istidewi_taufik

Alamat Pinus Pengger : l. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Jam Buka : Setiap Hari 06.30 – 23.00 WIB

@sucilarassati__


Udah hawanya sejuk masih alami, pemandangannya begitu memanjakan mata, pasti mau dong kalau diajakin ke sini. Lagian lebih baik kan dolan bareng daripada sendirian. Jangan lupa ajak siapa saja untuk menemani liburanmu di tempat bak negeri di atas awan ini!


Itulah beberapa Tempat Wisata Negeri di Atas Awan Yang Ada di Jogja. Semoga bisa menjadi rekomendasi buat kalian yang ingin pergi liburan , khususnya daerah jogja. Dan ingat tetap jaga kesehatan :)

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar