Keindahan Destinasi Wisata Candi Merak Yang Wajib Kamu Kunjungi



Candi ini merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di Kabupaten Klaten yang ramai dikunjungi oleh berbagai jenis wisatawan. Hal tersebut dikarenakan objek wisata ini dapat memberikan sensasi yang berbeda dengan kegiatan sehari-hari. Di samping itu, objek wisata ini mempunyai keindahan yang sangat unik di mana terdapat dalam beberapa relief yang terukir di tubuh candi.

Keelokan arsitektur bangunan Candi Merak tidak kalah dari Candi-candi lainnya yang ada seperti Candi Sewu, Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Candi ini berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 8,38 m x 8, 38 m dan tingginya mencapai 12 meter. Luas kompleks candi Merak sekitar 2.000 meter persegi.

@faridha_tn

Asal muasal penamaan dari Candi ini sendiri adalah dahulunya candi ini berupas sebidang lahan yang ditumbuhi sebuah pohon raksasa bernama pohon joho.

Pohon joho bertumbuh dengan rimbunnya dan menyebabkan banyak burung Merak bertengger dan tidur di atas pohon setiap hari. Saking tuanya umur dari pohon Joho ini, suatu ketika pohon joho tersebut runtuh.

Jadi pada saat itu juga dibawah perakaran pohon besar, ternyata tersimpan reruntuhan sebuah candi yang ditemukan berupa arca dan bebatuan. Maka mengingat pohon Joho yang tumbuh kala itu dijadikan sebagai rumah dari pada burung-burung merak maka sebagai candi tersebut dinamakan “Candi Merak”.
instagram@dindaeva__


Yang Menarik di Candi Merak

Sebagai salah satu destinasi wisata sejarah, Candi Merak Klaten mempunyai keunikan tersendiri yang mana tidak dapat ditemukan di destinasi wisata sejarah lainnya. Candi Merak salah satu candi yang dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno ketika kekuasaan Wangsa Syailendra. Dan usianya diperkirakan sama dengan candi Karangnongko yang lokasinya tidak jauh dari Candi Merak. Konon katanya candi ini sama juga usianya dengan candi Bima yang ada di Dieng.

Candi Merak dibentuk dari sebuah candi induk dan tiga buah candi perwara. Saat dipugar candi induk sudah berbadan setengah adapun atapnya masih berupa rekonstruksi. Ketiga perwaranya mendampingi candi induk. Di bilik candi induk terdapat sebuah Yoni dan juga Arca Ganesha yang juga terdapat arca Durga yang berada di relung candi. Adapun sebuah hiasan makara pada tangga yang baik dan relief yang berada di bagian samping candi. Selain itu, juga terdapat beberapa arca lainnya yang berada di luar bilik candi yaitu di sekitaran halaman. Arca tersebut antara lain yaitu arca Nandi dan dewa-dewa lain yang diyakini oleh agama Hindu aliran Hindu Syiwa.
instagram@yunanto47


Harga Tiket dan Parkir Candi Merak


Harga tiket Candi Merak Untuk masuk ke destinasi wisata ini tidak dipungut biaya, para pengunjung hanya perlu mengisi buku tamu saja. Sedangkan untuk biaya parkir motor dikenakan sebesar Rp,2.000,- dan untuk mobil sebesar Rp. 5.000,-.


Lokasi Candi Merak


Lokasi Candi Merak dibilang lumayan jauh dari Pusat Kota Yogyakarta karena berjarak 33 kilometer dan akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1 jam 5 menit.

Akses dan rute perjalanan menuju ke Candi Merak


Untuk dapat menikmati keindahan candi, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sewaan ataupun dengan jasa paket tour perjalanan. Hal tersebut dikarenakan lokasi candi yang terletak di daerah Desa Candi, Karangnongko, Klaten ini tidak terletak di jalur rute transportasi umum. Sehingga akan lebih mudah jika dalam melakukan perjalanan wisata dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewaan.

Namun jika wisatawan ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum, perjalanan dapat dilakukan dengan berhenti pada rute terdekat di sekitaran candi. Kemudian untuk mencapai lokasi candi dapat dilakukan dengan menggunakan jasa ojek yang berada di daerah tersebut. Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan jasa tour guide yang dapat mengantarkan hingga ke lokasi dan dapat memperoleh pengetahuan yang lebih terkait dengan Candi Merak yang ingin dikunjungi.


Fasilitas Candi Merak

Meskipun masih tergolong sebagai salah satu destinasi wisata sejarah yang tidak setenar Candi Ratu Boko, Candi Borobudur dan Candi Prambanan, fasilitas yang ditawarkan di candi ini sudah termasuk lengkap. Fasilitas yang ditawarkan di dalam destinasi wisata Candi Merak Klaten antara lain yaitu terdapat area parkir kendaraan, mushola sebagai tempat ibadah umat Islam, kamar mandi, hingga penginapan. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk membuat wisatawan menjadi semakin tertarik untuk berkunjung ke objek wisata sejarah ini.

Gimana , tertarik berkunjung ke Candi Merak??

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar