Candi Plaosan, Simbol Kekuatan Cinta Yang Mampu Menyatukan Perbedaan

Candi Plaosan, Simbol Perbedaan
Candi Plaosan adalah bukti nyata bahwa kekuatan cinta mampu menyatukan sekat perbedaan. Candi nan cantik ini dibangun oleh Rakai Pikatan yang beragama Hindu untuk permaisuri terkasihnya Pramodyawardani yang memeluk Budha. Mengunjungi Plaosan tidak hanya mengajarkanmu tentang kekuatan cinta namun juga makna toleransi yang sesungguhnya.


Singkat cerita mengenai Candi Plaosan, candi ini dibuat oleh Rakai Pikatan yang merupakan Raja dari Dinasti Syailendra untuk istrinya yang bernama Pramodyawardani. Uniknya adalah Rakai Pikatan dan Pramodyawardani berasal dari dinasti yang berbeda bahkan dari latar belakang agama yang berbeda yaitu Rakai Pikatan dari Dinasti Syailendra yang beragama Hindu sedangkan Pramodyawardani dari Dinasti Sanjaya yang memeluk agama Budha.

Namun karena cintanya kepada sang istri yang notabene adalah pemeluk Budha, dia pun membuatkan tempat pemujaan berupa Candi Budha dengan sedikit sentuhan arsitektur Hindu.

Perbedaan tersebutlah yang menjadikan Candi Plaosan sebagai simbol bahwa kekuatan cinta dapat menyatukan perbedaan apapun. Selain menjadi simbol kekuatan cinta, Candi Plaosan menjadi simbol bentuk toleransi antar umat beragama.

@fatmayiayulestarii

Berdasarkan catatan sejarah yang ada, Kompleks Candi Plaosan dibangun pada pertengahan abad ke-9. Kompleks candi ini terbagi menjadi dua bagian, yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi memiliki teras segi empat yang dikelilingi dinding tempat semedi berbentuh gardu di bagian barat serta stupa di sisi lainnya. Karena kesamaan hal tersebut, maka Candi Plaosan kerap disebut sebagai candi kembar.

Masing-masing kelompok candi memiliki halaman yang cukup luas dan dilapisi rumput hijau. Burung-burung pun kerap hinggap di rerumputan, lantas terbang dan kembali hinggap ke atap candi.Dari pahatan relief di antara dua candi induk, kamu bisa melihat bagaimana perasaan cinta diintepretasikan. Relief candi induk sebelah selatan yang menggambarkan laki-laki kono merupakan bentuk kekaguman Pramodyawardani terhadap suaminya. Sedangkan relief di candi utara yang menggambarkan perempuan dianggap sebagai luapan cinta Rakai Pikatan kepada sang istri.

@dodiek_tr

Permukaan teras di Candi Plaosan sangat halus dan berbeda dengan teras candi lain yang dibangun pada kurun waktu yang sama. Menurut beberapa ilmuwan, bisa jadi dulu teras tersebut digunakan sebagai vihara tempat beribadah umat Budha.

Hal ini semakin menegaskan bahwa Candi Plaosan selain menjadi bukti cinta, juga menjadi simbol antar umat beragama yang berbeda sudah ada sejak dulu. Meski sang raja Rakai Pikatan beragama Hindu dia tetap memberikan kebebasan kepada istri dan warganya untuk memeluk keyakinan yang berbeda. Candi Plaosan bukan hanya menjadi tanda bersatunya dua wangsa besar, Syailendra dan Sanjaya, namun juga menjadi bukti nyata toleransi umat beragama.

@mumtazmahfud

Candi Plaosan memang terletak di Kabupaten Klaten Jawa Tengah, namun bagi anda yang ingin mengunjungi Candi Plaosan untuk alternatif wisata anda tidak perlu khawatir akan jarak yang jauh karena Candi Plaosan ini letaknya masih dapat dikatakan berdekatan dengan Candi Prambanan.

Mengunjungi Candi Plaosan akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Selain bangunan candinya yang cantik, lokasinya yang berada di tengah areal persawahan juga menjajikan eksotisme tersendiri.
@dikky.kurniawann


Pada saat-saat tertentu kamu bisa menikmati kemegahan candi sembari melihat petani yang membajak sawah atau menyaksikan gerobag sapi yang melintas lengkap dengan bunyi gemerincingnya yang khas.


Wisata Fotografi

@faridadestiana


Kompleks Candi Plaosan juga merupakan objek menarik bagi kamu yang memiliki hobi fotografi. Tak sedikit fotografer yang menjadikan Candi Plaosan sebagai objek foto karena memiliki spot-spot tertentu yang menawan. Candi ini sudah menjadi primadona bagi para fotografer dan merupakan candi yang lengkap untuk fotografi.

@faridadestiana

Selain itu candi ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk foto pre wedding. Tak hanya mempunyai nilai historis yang tinggi, namun tempat ini juga dibangun atas dasar kisah cinta antara Raja Rakai Pikatan dan Ratu Sri Kahulunan.

Menikmati Keindahan Alam Candi Plaosan


@chitraachiet


Tak hanya menawarkan keindahan budaya yang ada pada bangunan, kompleks Candi Plaosan juga mempunyai pemandangan alam yang masih asri. Kamu akan disuguhkan hijaunya hamparan sawah disekeliling kompleks candi yang akan memanjakan sejauh mata memandang.

Jika kamu datang pada cuaca yang cerah, kamu bisa melihat keindahan Candi Plaosan dengan latar belakang Gunung Merapi.

Pesona dari candi ini seakan tak ada habisnya, jika kamu ingin melihat indahnya sunset dan sunrise, candi ini merupakan salah satu objek yang wajib untuk kamu kunjungi.
@lilisnurfadila


Lokasi Candi Plaosan

Lokasi Candi Plaosan jika dilihat dari segi aksesibilitas dapat dikatakan sudah sangat baik dan sangat mudah untuk dicapai. Lagipula Lokasi Candi Plaosan ini masih relatif dekat dengan Candi Prambanan.

Alamat Candi Plaosan berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.


Rute Menuju Candi Plaosan

@lianabaek

Rute Menuju Candi Plaosan bisa diakses lewat jalan Laksda Adisutjipto dan jalan Raya Solo – Yogya ke arah timur. Di persimpangan Pasar Prambanan anda masih harus luruh ketimur hingga menjumpai 2 traffict light lagi kemudian jika sudah sampai diperempatan Stasiun Brambanan anda belok kiri sejauh kurang lebih 2 KM kemudian belok kanan kurang lebih 800 meter dan sampailah anda di Candi Plaosan. Rute Menuju Candi Plaosan masih tergolong mudah untuk diakses.

Jarak dari Kota Jogja ke Candi Plaosan kurang lebih adalah 18,9 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Candi Plaosan sekitar 38 menit.
@hanastasia_putri_mahanani



Harga Tiket dan Parkir Candi Plaosan

Harga tiket masuk Candi Plaosan masih sangat murah. Untuk dapat menikmati keindahan Candi Sambisari, anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket sebesar Rp 3.000 per orang. Harga tiket masuk Candi Plaosan dengan nominal tersebut tentu saja akan sangat sebanding bahkan lebih dari apa yang akan anda saksikan ketika berkunjung di Candi Plaosan.

Sedangkan untuk harga parkir di Candi Plaosan dibedakan untuk kendaraan jenis mobil dan motor. Untuk harga parkir mobil di Rp 5.000,- sedangkan untuk harga parkir motor adalah Rp 2.000.

Bagaimana , tertarik mengunjungi Candi ini??

@lely_u


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar