Candi Cetho , Candi di Jawa Tengah yang Berada di Atas Awan

indahnya Candi Cetho , Candi di Jawa Tengah yang Berada di Atas Awan
ig : lie_endah

Candi Cetho terletak di ketinggian sekitar 1.496 meter di atas permukaan laut. Merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tepatnya di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jemawi.

Konon nama Cetho, yang dalam bahasa Jawa berarti jelas, digunakan sebagai nama dusun tempat candi ini berada karena dari Dusun Cetho orang dapat dengan jelas ke berbagai arah. Ke arah utara terlihat pemandangan Karanganyar dan Kota Solo dengan latar belakang Gunung Merbabu dan Merapi serta, lebih jauh lagi, puncak Gunung Sumbing. Ke arah barat dan timur terlihat bukit-bukit hijau membentang, sedangkan ke arah selatan terlihat punggung dan anak-anak Gunung Lawu.

@teana_mirasagita

Keberadaan Candi Cetho pertama kali diungkap oleh Van der Vlies pada tahun 1842. Hasil penelitian ini kemudian diteruskan oleh W.F. Stuterheim, K.C. Crucq, dan A.J. Bernet Kempers.

Candi Cetho mempunyai bentuk dan susunan bangunan yang menyerupai bangunan Candi Sukuh, yaitu dibangun dalam teras-teras berundak. Teras-teras itu disusun berderet-deret dari sisi barat sampai pada sisi timur dengan pintu masuk di sebelah barat, makin ke belakang makin tinggi.

@nurmeliaat

Teras yang dianggap paling penting dan suci terletak pada teras paling atas. Antara teras yang satu dengan teras yang lain dihubungkan oleh pintu masuk teras. Masing-masing halaman teras seolah-olah dipisahkan menjadi dua oleh jalan dari teras pertama menuju teras terakhir.

Pada puncak kompleks candi ini, kamu akan melihat bangunan tanpa atap berdinding batu setinggi 1,60 meter. Bangunan utama Candi Cetho yang menghadap ke puncak gunung mencerminkan keyakinan bahwa kekeramatan Candi merupakan bagian dari alam sekitar, tempat bersemayamnya para dewa.

Meski berada di atas lereng gunung Lawu, candi ini masih digunakan sebagai tempat sembahyang para umat Hindu Jawa. Saat berkunjung ke Candi ini kamu bisa melihat kisah-kisah leluhur nusantara yang menaklukkan seorang Sumeria seperti yang tergampar pada patung berperawakan Sumeria di komplek Candi. Jika ingin mendapatkan kisah menarik seputar Candi Cetho, kamu bisa bertanya kepada penggelola kawasan Candi ini.

@tyaaaamelsss

Daya Tarik Candi Cetho


Nama Candi Cetho sudah terkenal hingga ke berbagai pelosok. Hal ini terbukti dengan banyaknya komunitas dan para wisatawan yang datang ke kawasan ini. Komunitas yang datang biasanya adalah komunitas sepeda yang memacu adrenalin dan kekuatannya menaklukkan tanjakan cetho yang memang luar biasa.
@afiqazkiyah_


Bagi kalian pecinta cerita sejarah tempat ini sangat pas untuk kalian dan menurut cerita di wisata ini juga memiliki cerita mistis yang tersembunyi. Jika kalian penasaran masukan wisata candi ini ke dalam list liburanmu.

@novian495__

Pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk khas daerah pegunungan inilah yang bakal membuat kalian betah berlama-lama di wisata ini.

Lokasi dan rute menuju candi cetho karanganyar

@syellapuja

Candi cetho sendiri berada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kec Jenawi, Kab Karanganyar, provinsi Jawa Tengah. Candi cetho sendiri berada di lereng gunung lawu dengan posisi 1497 mdpl. Candi ini berada di titik koordinat GPS: 7° 35′ 30.22″ S, +111° 9′ 19.87″ E .

Rute menuju ke candi cetho sendiri sangat mudah. Perjalanan bisa di mulai dari usat kota solo menuju ke kota kabupaten karanganyar. Lalu ikuti saja petunjuk arah untuk menuju ke air terjun grojogan sewu. Tepat sebelum grojogan sewu terdapat papan arah menuju ke candi cetho. Nah tinggal ikuti saja jalan nya sampai menuju ke candi cetho.

Sebelum sampai di candi cetho, para pengunjung akan di suguhkan dengan pemandangan perkebunan teh milik warga setempat. Jika cuaca sedang ceah tidak berkabut, pengunjung akan melihat perkebunan teh yang hijau dan seolah-olah tidak ada batas nya.


Harga Tiket Masuk

@mariabudinatalia

Untuk memasuki candi ini harga tiketnya sangat terjangkau hanya Rp. 7.000 per orangnya sangat murah bukan. Tapi setiap waktu bisa berubah ubah yaa.

Tapii dengan harga yang sangat terjangkau anda sudah dimajakan dengan pemandangan gunung lawu yang sangat indah dan cantuk, karna lokasi candi ini dekat dengan kawasan gunung lawu

Kalian juga bisa selfie selfie sekaligus mengetahui secara langsung sejarah dari candi ini. Untuk mengunjungi wisata ini jika anda tidak ingin terlalu ramai atau padat pengunjungnya anda harus datang saat weekday, karna saat weekend dipastikan candi ini sangat ramai dan padat.
@lianafatmawati30


Setelah anda membayar tiket masuk, sebelum anda masuk ke dalam candi untuk menelusuri lebih jauh lagi, anda akan diberi pinjaman sekaligus dibantu untuk mengenakan kain poleng pada bagian pinggang oleh petugas yang berjaga di pintu depan. Karna hal itu sudah menjadi tradisi dari wisata tersebut.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar