Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Makan Pete


Kamu penyuka petai / pete ? Petai salah satu jenis lalapan yang disukai oleh hampir seluruh orang di Indonesia. Rasanya yang gurih menambah kenikmatan saat makan. Apalagi jika dimasak balado, mantap. Jika dicampur dengan sayur santan, petai dapat menambah rasa pada sayur tersebut. Kemudian, dimakan mentah pakai sambal pun rasanya begitu nikmat. Petai membuat selera makan orang bertambah.

Namun, banyak yang takut mengonsumsi petai ini karena menyebabkan bau mulut yang menyengat. Bau petai yang sulit hilang membuat sebagian orang enggan memakannya, padahal rasanya begitu menggoda.

Petai bisa menyebabkan bau mulut, karena memiliki kandungan asam amino dengan unsur sulfur (belerang) yang cukup tinggi. Itulah kenapa baunya sangat menyengat. Kalau makan memang tidak akan terasa baunya, tetapi orang lain yang menciumnya akan merasa mual dan mau muntah.

Tetapi Gaes, ternyata petai ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, meskipun menyebabkan bau tak sedap. Berbagai penelitian menemukan petai mengandung senyawa triptofan dan protein yang akan berperan sebagai serotonin. Kandungan tersebut dapat membuat seseorang menjadi rileks dan dapat mengatasi stres atau depresi. Tapi tidak bisa mengatasi stres dan galau akibat putus cinta lho yaa...

Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat (FDA) menemukan bahwa petai bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, sehingga dapat mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi dan terhindar stroke. Jadi hanya mitos yang mengatakan kalau petai menyebabkan darah tinggi. Pun yang katanya orang yang mempunyai kolestrol tinggi dilarang makan petai itu kabar hoax, justru petai ini bisa mengurangi kadar kolestrol.

Lalu, ada kabar gembira nih buat para mbak-mbak yang mau langsing, ternyata petai atau pete ini bisa membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas, serta mengurangi rasa nyeri saat datang bulan atau PMS. Nah, yang mau diet bolehlah dicoba makan dengan lauk petai.

Jadi, meskipun petai ini menimbulkan bau tak sedap jangan takut untuk mengonsumsinya. Karena ternyata menyimpan sejuta rahasia untuk kesehatan tubuh kita. Asalkan jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Jadi konsumsi sewajarnya saja.

Lagi pula bau petai bisa dihilangkan tanpa bekas. Tak perlu khawatir lagi mulut bau dan malu bertemu dengan orang, setelah mengonsumsi petai. Bau petai bisa dinetralisirkan. Bagaimana caranya? Beginilah tips menghilangkan bau petai yang menyengat :

1. Kunyahlah kulit petai sesudah makan petai.

Hal ini bisa menghilangkan bau petai. Entah, kenapa kulit petai ini bisa menetralisirkan bau petai. Memang rasanya pahit. Akan tetapi, tidak perlu ditelan, cukup dikunyah dan dibuang. Hal ini sudah terbukti dan ampuh menghilangkan bau petai. Percayalah, Agan dan Sista tidak akan lagi malu bertemu orang lain, setelah mengunyah kulit petai ini.

2. Makanlah mentimun.

Mentimun ini juga sangat ampuh menghilangkan bau petai yang menyengat. Sebab, mentimun ini merupakan sayuran yang memproduksi air liur. Air liur inilah yang membantu membilas bakteri penyebab bau mulut. Jadi, ketika GanSist memiliki stok petai, maka jangan lupa belilah mentimun. Petai dan mentium pasangan yang tak bisa dipisahkan.

3. Konsumsilah apel dan pear.

Sebagaimana halnya mentimun, apel dan pear ini bisa memproduksi air liur. Sehingga menyeimbangkan kondisi alami mulut Agan dan Sista. Jadi, tak perlu khawatir bau mulut, meskipun mengonsumsi petai.

4. Makanlah permen karet.

Dengan makan permen karet GanSist tak perlu takut bau mulut. Akan tetapi, pilihlah permen karet yang tanpa gula. Permen karet ini meningkatkan produksi air liur, sehingga bisa membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau mulut.

5. Minumlah air putih dan berkumurlah sampai mulut terasa bersih.

6. Sikat gigi dan lidah.

Setelah makan petai, maka sikatlah gigi Agan dan Sista dengan pasta gigi yang mengandung flour, sehingga bisa mengurangi bau mulut. Sikatlah sampai ke bagian terdalam agar tidak ada petai yang menyangkut di gigi.

Lalu, jangan lupa juga bersihkanlah lidah GanSist. Sebab, terkadang masih ada sisa makanan yang menempel di lidah. Karena itulah perlu dibersihkan dengan benar.

7. Lakukanlah flossing.


Flossing yaitu membersihkan kotoran yang menyangkut di sela gigi Agan dan Sista dengan menggunakan benang atau dental floss. Memang ribet, tetapi ampuh menghilangkan bau petai.

8. Kunyahlah gula pasir dan kopi hitam.

Kunyahlah kopi hitam dan gula pasir secara bersamaan agar tidak pahit, sebisa mungkin sampai menyeluruh ke bagian mulut. Lalu, muntahkan dan berkumurlah dengan air putih.

9. Kunyahlah beras putih.

Ada lagi satu cara yang bisa menghilangkan bau tak sedap petai. Agan dan Sista cukup mengunyah beras putih sampai halus, kemudian muntahkan. Lalu, berkumurlah dengan obat kumur atau air biasa.

Demikianlah tips menghilangkan bau tak sedap petai, bagi Agan dan Sista penggemar petai. Jadi tak perlu khawatir lagi jika kamu merupakan pencinta makanan satu ini.

Salam. Jangan lupa tetap jaga kebersihan dan kesehatan, serta jangan lupa bahagia.



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar