Apakah Nenek Moyang Tiktok Berasal dari Indonesia? Benarkah?



Siapa yang tidak mengenal aplikasi Tiktok? Aplikasi yang digandrungi oleh banyak pihak berbagai usia. Dari Anak Bayi yang dibuatkan tiktok oleh ibunya hingga kakek kakek yang bermain tiktok bersama cucunya, hampir semua orang menggunakan aplikasi ini.

Pengguna Aplikasi Tiktok meningkat sejak adanya pandemik corona, Aplikasi Tiktok digunakan hampir di setiap kegiatan, hal ini dilakukan untuk mengurangi kejenuhan yang diakibatkan oleh larangan untuk keluar rumah apalagi berkumpul bersama teman.

Tidak dipungkiri melesatnya penggunaan Tiktok karena terdapat banyak artis dan aktor terkenal yang juga menggunakan aplikasi ini untuk mengurangi kejenuhan selama tinggal di rumah. Sebut saja Gisel dan anaknya Gempi, Aurel Hermansyah, Inul Daratista dan masih banyak artis yang menjadi pengaruh terkenalnya Tiktok. Bahkan Tiktok pun melahirkan artis baru dengan sebutan artis Tiktok seperti Bowo Alpenible, Sandrina dan Cimoy.

Sebelum munculnya Aplikasi Tiktok yang berupa video diiringi lagu, di Indonesia sudah ada 2 orang yang yang merekam video mereka dengan diiringi lagu kemudian mereka bernyanyi secara lipsing dan diunggah ke Aplikasi Youtube.


2 Orang itu adalah Sinta dan Jojo dengan lagu keong racun yang di unggah pada tanggal 12 Agustus 2010 itu menjadi fenomenal dan membuat Sinta dan Jojo terkenal pada kala itu dengan sebutan "Duo Keong Racun". Berkat video itu, Sinta dan Jojo sempat sibuk wara-wiri di layar kaca menjadi bintang tamu acara talkshow, bahkan sempat menjadi bintang iklan.

Jika melihat dari tahun perilisan Aplikasi Tiktok yaitu September 2016 oleh pengembang asal Negeri China yaitu Toutiao dan Bytedance, apakah Aplikasi Tiktok terinspirasi dari video lipsing Keong Racun milik Sinta dan Jojo?

Pasalnya video lipsing Keong Racun oleh Sinta dan Jojo lebih dahulu di buat, tepatnya 6 tahun sebelum Aplikasi Tiktok resmi dirilis.

Video lipsing Keong Racun oleh Sinta dan Jojo diunggah di platform youtube, yang mana kita ketahui bahwa platform tesebut memiliki jika video sudah diunggah ke youtube maka jangkauan video tersebut beredar sangat luas bahkan hampir seluruh dunia dapat mengakses youtube.

Apakah dengan ini Sinta dan Jojo dapat disebut sebagai Orang yang mencetuskan ide membuat video Tiktok untul pertama kali? Atau mereka dapat disebut sebagai "Mbah" Tiktok? Apakah ini juga berarti Aplikasi Tiktok mengambil inspirasi dari orang Indonesia? hehheeee

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar