7 Tips Pacaran Di Bulan Ramadhan ini Bikin Hubungan Makin Mesra



Bulan ramadhan adalah bulan yang baik dilalui dengan kegiatan-kegiatan positif: kegiatan yang sekiranya bisa mendatangkan pahala untuk kita.

Nah, dari sekian banyak ibadah yang dilakukan, puasa menjadi ibadah wajib untuk mereka yang beriman.

Orang yang berpuasa diharuskan untuk menahan diri dari nafsu dunia. Ini termasuk menahan haus, lapar dan emosi. Pun dengan keinginan untuk bersama dengan orang yang belum mukhrim a.k.a pacar.

Beberapa orang berpikir bahwa pacaran saat puasa adalah sesuatu yang dilarang. Itu karena mereka berpendapat bahwa jika seseorang pacaran, ia akan membuka pintu dosa. Dan seperti yang kalian tahu, tidak ada seorang pun di bulan puasa yang mau membuka pintu dosa.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana seseorang pacaran saat bulan puasa? Mudah. Tips di bawah ini membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut.

Tenang. Tips ini tidak sulit. Justru sebaliknya. Penerapan tips ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun.

So, buat kalian yang sudah penasaran dengan tips, yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini.



1. Tetap jaga komunikasi – tips pacaran saat puasa
Buat kalian yang sedang pacaran di bulan puasa, cobalah untuk tetap menjaga komunikasi. Itu adalah cara sederhana agar kalian tetap saling percaya satu sama lain.

Selain itu, cara ini juga membantu kalian supaya bisa saling mengabari dan tahu kondisi masing-masing.

Tidak perlu repot dengan perhatian ekstra. Cukup dengan chatting ringan saja sudah cukup. Yang penting masing-masing dari kalian tahu kondisi masing-masing.


2. Tetap beri perhatian – tips pacaran saat puasa
Walaupun kalian jarang ketemu, paling tidak, kalian harus tetap saling memperhatikan satu sama lain. Tanyakan kondisi pasangan kalian, apakah ada masalah yang sedang dihadapi dan pertanyaan-pertanyaan sejenis.

Perhatian akan memberikan kepercayaan satu sama lain. Perhatian juga membuat kalian tidak saling curiga dan kecewa karena dianggap menghilang.

Tidak perlu perhatian yang bagaimana-bagaimana, cukup menanyakan kondisi juga sudah cukup. Yang penting usahakan untuk tetap peduli.


3. Cobalah untuk telepon atau video call – tips pacaran saat puasa
Jangan cuma chat saja. Siapa tahu pasangan kalian bosan dan ingin dihibur melalui telepon atau video call. Jika kasusnya demikian, kalian harus berinisiatif. Kalian bisa melakukan telepon atau video call ke pasangan kalian.

Tidak usah terlalu sering, kasihan juga kuota dan pula kalian. Lakukan saja secara acak agar prosesnya lebih menarik.

Oh ya, dalam melakukan telepon juga kalian harus berinisiatif. Maksudnya, usahakan agar topik pembicaraannya nanti tidak membosankan. Mengajaknya bercanda mungkin jadi alternatif cara yang dianjurkan.


4. Lakukan kegiatan bersama secara virtual – tips pacaran saat puasa
Di tengah pandemi seperti ini, dan dengan kondisi kalian yang berpuasa, kegiatan virtual mungkin jadi solusi untuk menunjang kebersamaan antara kalian dan pasangan.

Ya, kalian bisa melakukan bersama secara virtual. Ini bisa jadi solusi untuk meningkatkan keharmonisan dalam berhubungan.

Banyak opsi kegiatan yang bisa kalian pilih. Memasak misalnya. Kalian bisa saling melakukan video call untuk bisa saling memasak bersama. Di sana, kalian bisa melakukan sharing resep atau tips lainnya.

Intinya, buatlah inovasi dalam kegiatan. Jika pun tidak bisa bersama secara nyata, kalian bisa lakukan kegiatan secara visual agar terkesan dilakukan bersama.



5. Berusahalah buat jadi pengingat yang baik – tips pacaran saat puasa
Karena bulan ramadhan harus diisi dengan kegiatan yang positif guna mendapat pahala sebanyak-banyaknya, maka, sudah seharusnya kalian melakukan ibadah sebanyak yang kalian bisa.

Lantas, apa hubungannya ibadah dengan pacaran?

Jadi begini. Agar ibadah kalian semakin asyik, bukanlah lebih baik jika masing-masing dari kalian saling mengingatkan untuk beribadah. Klise sih. Tapi cara ini bisa jadi opsi untuk kalian yang bosan dengan aktivitas ramadhan yang begitu-begitu saja.


6. Ibadah bersama – tips pacaran saat puasa
Kata siapa kalian tidak bisa melakukan ibadah bersama pacar saat bulan ramadhan? Bisa kok. Caranya juga mudah.

Yang perlu kalian lakukan hanya membicarakan ini dengan pasangan. Setelah itu, tentukan ibadah yang akan kalian lakukan bersama.

Eits, yang dimaksud bersama ini bukan berarti tatap muka atau bertemu langsung, loh. Yang dimaksud bersama di sini adalah ibadah yang dilakukan bersama dengan menggunakan teknologi.

Sebut saja video call. Dengan teknologi ini, kalian bisa lakukan ibadah bersama pasangan. Sebut saja seperti tadarus bersama, solat sunah bersama (dengan niat sendiri-sendiri), dan sebagainya.

Kami yakin, upaya ini akan membuat puasa kalian jadi lebih menarik dan sangat berkesan.


7. Jangan kirim-kirim poto. Apalagi yang gituan – tips pacaran saat puasa
Mungkin ada sebagian kalian yang sering ngasih pap ke pasangan. Wajar sih, namanya juga cinta. Tapi, saat puasa seperti ini, ada baiknya kalian jangan lakukan hal seperti itu. Apalagi kalau foto yang dikirim bisa menyebabkan nafsu birahi pasangan jadi naik. Jangan.

Kenapa kami berkata seperti ini? Karena kami sadar, di lapangan, masih banyak pasangan yang saling kirim pap yang menggoda iman puasa.

Maksud kami, ketimbang puasa kalian batal untuk sesuatu yang tidak wah seperti itu, atau puasa kalian menjadi makruh kalian hal seperti itu, lebih baik tindakan saling kirim foto itu ditiadakan. Dan ini juga berlaku untuk video call loh.

Tapi kalau kalian emang kebelet dan pengen, tahanlah. Setidaknya tahan sampai waktu berbuka tiba.


“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” [QS. al-Isra’ (17): 32

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar