Ini Dia Alasannya Kenapa Tulisan Ambulance Dibuat Terbalik


Sudah tidak asing lagi kan dengan kata 'AMBULANCE'?

Yap betul sekali. Ambulance adalah jenis kendaaraan yang memang secara sengaja dirancang untuk membawa orang yang sedang sakit, korban kecelakaan atau korban bencana alam, agar lebih cepat sampai di rumah sakit.

Di dalam ambulance biasanya terdapat peralatan untuk pertolongan pertama seperti tabung oksigen, ranjang pasien yang dapat dilipat dan juga dipindahkan dengan mudah, serta peralatan medis lainnya.

Ambulance sediri berasal dari bahasa latin yaitu Ambulare yang berarti berjalan atau bergerak yang merujuk pada perawatan saat pasien dipindahkan dengan kendaraan.

Kendaraan seperti Ambulance memang mendapat prioritas utama di jalanan, dan boleh menerobos lampu merah, melawan arah, juga menggunakan bahu jalan. Karena sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Perlalulintasan. Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), khususnya pasal Pasal 134, Ambulans memiliki hak atau prioritas khusus untuk didahulukan dalam arus lalu lintas.

Jadi, bila kita sedang berkendara di jalan raya, apabila mendengar adanya suara sirine dari belakang kita hendaknya kita segera menepi dan memperlambat laju kendaraan kita, dan jangan sekali-sekali mengikuti Ambulance dari belakang! Agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas.

Seorang supir Ambulance adalah orang yang sudah berpengalaman dan ahli dibidangnya.


Nah, gaes ada yang tahu nggak kenapa tulisan Ambulance itu di buat terbalik, menjadi Ecnalubma seperti diatas?

Pasti sampean juga nggak tahu alasannya, yang ane ngerti kalo lihat ada mobil lagi bunyiin sirine, trus ngebut dan pada bodynya terdapat tulisan Ambulance yang kebalik itu, berarti ada situasi darurat dan ane harus menepi ke bahu jalan saat berkendara.

Namun, nyatanya itu bukan typo, tapi memang sengaja dibuat seperti itu. Penulisan yang disebut Mirror Writing tersebut, rupanya merupakan standar internasional yang diterapkan di semua unit Ambulans pada tiap bagian depan atau kap mobilnya. Tujuannya tidak lain untuk mempermudah pengendara lain saat melihat kendaraan apa yang sedang membunyikan sirine dan sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

Jadi kita tidak harus menoleh ke arah belakang. Cukup hanya dengan melihat pada kaca sepion kita akan tahu bahwa yang membuyikan sirine itu adalah sebuah mobil Ambulance.

Apabila kita lihat dari kaca sepion tulisan ECNALUBMA akan menjadi AMBULANCE seperti gambar di bawah ini.

Selain Ambulance, kendaraan lain yang juga mendapat prioritas utama di jalan adalah, kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, mobil jenasah, kendaraan Tim SAR yang sedang bertugas, kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia, dan juga kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.

Itu tadi alasannya kenapa tulisan Ambulace dibuat terbalik ya gaes, semoga bisa bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar