Bingung #DiRumahAja, Inilah 6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Bingung #DiRumahAja, Inilah 6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan
Bingung #DiRumahAja, Inilah 6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan 

#DiRumahAja buat orang biasa kerja, pasti bingung.

Mau ngapain? Namanya orang kerja, biasanya habis sholat subuh udah buru-buru mandi terus siap-siap berangkat ke kantor. Ehh, sekarang udah 2 minggu lebih disuruh #DiRumahAja. Gara-gara wabah virus corona. Ndekem di rumah, istilah kerennya work from home. Terus mau ngapain di rumah aja?

Orang biasa kerja, biasa keluar rumah. Mau ngapain #DiRumahAja ?

Nyuci, belum tentu bersih. Masak belum tentu enak. Nyapu juga dari gayanya udah gak pas. Bebenah rumah, bisa jadi gak tahu mulai dari mana dana pa dulu yang dikerjakan. Dari pagi -- siang -- sore - malam sampai ketemu pagi lagi. Paling yang dilakonin; makan -- nonton tv -- main medsos -- tidur, begitu aja diulang-ulang. Sehabis itu mikir lagi, kapan ya virus corona berakhir? Yah, namanya orang biasa kerja.

Ibarat kata, orang biasa gak di rumah. Sekarang disueruh #DiRumahAja. Bisa jadi gelisah. Resah akhirnya lama-lama suntuk. Bosan tiada kepalang. Biasa kerja disuruh #DiRumahAja jadi bingung. Jangan-jangan niatnya nyiram tanaman, malah disiram pakai air kopi.

Jadi #DiRumahAja itu gak mudah. Bahwa pekerjaan rumah itu tidak lebih mudah dari pekerjaan kantor. Bahkan tingkat stress, bisa jadi lebih berat di rumah daripada di kantor. Karena pekerjaan rumah; tidak tahu dimulai dari mana, jam berapa dimulainya, dan kapan berakhirnya? Tapi bagi orang rumahan, saat orang biasa kerja keluar rumah hingga pulang ke rumah lagi. Semuanya beres. Maka pekerjaan rumah, memang harus diserahkan kepada ahlinya. Jangan anggap enteng pekerjaan rumah, karena orang biasa kerja terlalu sulit untuk melakukannya.

Jadi, apa yang bisa dilakukan saat #DiRumahAja ? Apalagi di saat wabah virus corona belum kunjung usai. Dan tidak tahu, sampai berapa lama lagi orang biasa kerja akan tetap berada di rumah. Nah, biar gak stress biar gak bingung. Mungkin beberapa aktivitas ini bisa dilakukan orang biasa kerja ketika berada di rumah, antara lain:

1. Latihan bebenah rumah; mulai dari menata perabotan atau bingkai foto di diinding bersama pasangan dan anak-anak. Sekaligus membangun kehangatan di rumah bersama keluarga. Kan selama ini jarang terjadi.

2. Mulai merapihkan barang-barang yang tidak terpakai di rumah untuk disumbangkan ke orang lain, seperti: pakaian layak pakai, buku-buku bacaan atau yang lainnya. Niatnya untuk disumbangkan sehingga jadi lading amal.

3. Bercocok tanam bila punya lahan. Tanamlah pohonan yang kita suka, sekaligus ngetes kita "bertangan dingin" atau tidak. Bila hidup tanamannya berarti bertangan dingin dan pantas untuk menanam pohon apapun.

4. Latihan jaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Mumpung lagi di rumah, berjemurlah di matahari, olahraga ringan di sekitar rumah hingga menikmati makanan sehat yang diinginkan.

5. Belajar menulis. Karena mumpung lagi di rumah, siapapun bisa menulis apa saja yang dialami, dirasakan, dan diamati, Apalagi di musim wabah virus corona seperti sekarang. Dengan menulis, bisa jadi sejahar dan kenangan indah dalam hidup kita.

6. Mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan penuh khusyuk, istiqomah dan tawaddu. Inilah momentum untuk muhasabah diri sekaligus meningkatkan kualitas ibadah kepada-Nya. Sholat wajib, sholat sunnah, mengaji, berzikir dan membesarkan asma Allah. Mumpung lagi ada wabah virus corona. Bahwa manusia itu tidak ada apa-apanya dan bukan apa-apa pula. Karena begitu datang wabah virus corona saja, manusia sudah takut, panik dan bingung. Hanya Allah-lah raja diraja dalam hidup manusia.

Maka, ada banyak kesempatan dan momentum #DiRumahAja. Untuk memperbaiki kualitas diri, baik secara jasmani maupun rohani. Orang biasa kerja, apakah benar kita keluar rumah untuk ibadah? Atau hanya untuk mengejar uang, mengejar pangkat dan prestise?

#DiRumahAja, adalah momentum untuk mengingatkan. Bahwa di dunia ini tidak ada yang permanen. Pasti berubah pasti berdinamika. Agar kita jangan sampai "berhenti" hanya di satu tempat saja. Karena di luar sana, banyak orang sedang menunggu, apa manfaat kita untuk mereka? #LawanVirusCorona.



Anda mungkin menyukai postingan ini