Gus Ipin Galang Kepedulian Lingkungan Penggemar Motor



M Nur Arifin atau yang lebih akrab disapa Gus Ipin menggagas cara unik untuk menggalang kepedulian para penghobi motor untuk peduli lingkungan. Hari ini, Sabtu (23/3/2019) beliau menggelar touring bersama para rider dengan tema Ride for The Earth.

Bukan hanya touring, setiap peserta harus membayar kompensasi emosi gas buang dari motor mereka. Kompensasi yang dipatok, setiap 50 CC kapasitas silinder motor, dikenakan biaya Rp 10.000. Uang yang terkumpul akan digunakan untuk pengadaan bibit bambu, untuk kepentingan konservasi alam.

Meski berbayar, kegiatan ini diikuti para pemotor dari Trenggalek dan sekitarnya. Rute yang ditempuh dari alun-alun Trenggalek menuju Kecamatan Dongko, sebagai check point. Setelah beristirahat sejenak dan memerisa kondisi motor, perjalanan dilanjutkan ke Konservasi Penyu Taman Kili-kili di Pantai Kili-kili, Kecamatan Panggul.

Di Pantai Kili_kili Gus Ipin dan rombongan touring melakukan bersih-bersih, karena banyak sampah dari sungai yang masuk ke laut. Sampah plastik ini membayakan kehidupan tukik penyu.



Kegiatan bakti sosial di Pantai Kili-Kili ini juga dihadiri oleh Tagana, KSB Panjinawangkung, MUSPIKA, PemDes Wonocoyo, Pramuka dan lain-lain.


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar