Cara Mudah Membuat SiteMap di Blogger -->

Cara Mudah Membuat SiteMap di Blogger

Apa itu sitemap?? Sitemap atau sering disebut peta situs kurang lebihnya adalah sesuatu yang menggambarkan tentang peta dari website atau Blog , yaitu segala informasi mengenai halaman atau file-file yang ada pada sebuah website / Blog. Sitemap ini dimaksudkan agar mesin pencari ( search engine ) dapat dengan mudah mencari isi dari sebuah website.

Sitemap adalah sebuah cara sederhana bagi para webmaster/wapmaster untuk menginformasikan kepada search engine ( Google misalnya ) tentang halaman-halaman pada situs mereka yang bisa di crawl (di rayapi oleh mesin pencari).

Bentuk paling sederhana Sitemap adalah berupa file XML yang berisi daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya masing-masing. Metadata misalnya : kapan terakhir di-update, seberapa sering URL biasanya berubah, dan tingkat relatif keutamaannya terhadap URL lainnya.

Jadi, Intinya Sitemap itu peta situs yang mana ada dua fungsi yaitu untuk indexing oleh google dan sebagai halaman peta situs pada website/blog.

Bagaimana membuat Sitemap? Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagai Cara Membuat Sitemap Di Blogger dengan Mudah . Langsung aja yaaa..

Cara Terbaru Membuat SiteMap di Blogger

Pertama
Login ke Blogger, lalu masuk pada menu Search preferences dan cari menu Custom robots.txt, lihat gambar dibawah ini:


Kemudian di custom robots.txt content pilih Yes, lalu isikan seperti gambar dibawah ini:
Pada kotak merah di atas silahkan ganti dengan nama blog kamu.


Kedua

Tambahkan url sitemap pada Google webmaster tool.

Login ke google webmaster tool (https://search.google.com/search-console) terlebih dahulu, kemudian pilih menu Sitemaps/Peta Situs (menu sebelah kiri) dan di jendela sebelah kanan isikan Add a new sitemap, masukan sitemap.xml seperti gambar dibawah terakhir klik Submit.


Ketiga

Buatlah halaman peta situs blog Anda,sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari artikel yang mereka butuhkan dengan mudah.
Sekarang kita buat halaman sitemap pada blog , silahkan login ke blog Anda.

Pilih menu Pages lalu Klik New Page.

Selanjutnya masukan judul halaman sesuai selera, misal Sitemap. Kemudian masuk ke mode HTML dan masukkan Kode di bawah ini:

Setelah memasukan kode di atas , ganti http://www.blogkamu.com dengan url blog kamu.

Terakhir klik Publish dan lihatlah hasilnya dengan klik View.

Nah, cukup mudah, kan membuat sitemap di blogger. Hanya dalam beberapa menit saja kita sudah memiliki sitemap yang representatif banget dan memudahkan pembaca blog kita dalam menelusuri isi blog.

Jadi, sekian dulu sharing cara mudah membuat sitemap di blogger.com. Semoga bermanfaat ya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Cara Mudah Membuat SiteMap di Blogger , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan